TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Usai Pertemuan 'Parliamentary Meeting', Puan Berharap Ada Aksi Konkret Atasi Kelangkaan Air 

Usai Pertemuan 'Parliamentary Meeting', Puan Berharap Ada Aksi Konkret Atasi Kelangkaan Air 

21 Mei 2024 14:28 WIB
Usai Pertemuan 'Parliamentary Meeting', Puan Berharap Ada Aksi Konkret Atasi Kelangkaan Air 

TVRINews, Jakarta

Ketua DPR RI H.C. Puan Maharani menyampaikan bahwa dalam forum pertemuan sejumlah member Inter-Parliamentary Union (IPU) diharapkan bahwa kedepannya para parlemen negara dapat memberikan aksi konkret dalam mengatasi permasalahan Air. 

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani dalam Penutupan Parliamentary Meeting dalam rangkaian World Water Forum (WWF) 2024 di ruang Parliamentary Meeting, Pecatu Hall BNDCC2 pada Selasa, 21 Mei 2024.

"Jadi dari pertemuan ini kami berharap bahwa kedepannya akan ada aksi konkret dan gotong royong antara parlemen dengan pemerintah untuk bisa melakukan hal-hal yang konkret, Bagaimana mengatasi kelangkaan air Bagaimana pengelolaan air juga bagaimana pendanaan terkait dengan anggaran ke depan," ujar Puan. 

Baca Juga: UN di WWF ke-10: Separuh Warga Global Tidak Memiliki Akses Sanitasi yang Baik

"Sehingga memang air yang sangat krusial kedepannya ini akan bisa dihargai sehingga ketahanan air bukan cuma di Indonesia juga di dunia bisa diatasi secara bersama-sama di parlemen dan juga di pemerintahan," tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengungkapkan bahwa pembahasan yang dilakukan dalam forum parlemen tersebut diperoleh bahwa terkait potensi air yang sangat besar sebagai sumber energi maupun dalam berperan untuk kemajuan ekonomi. 

"Karena menurut kami, dalam pembahasan yang dilakukan di acara ini potensi air adalah sangat besar bukan hanya sebagai sumber tempat untuk diminum saja tapi juga sebagai sumber energi, sumber pangan dan sumber transformasi untuk kemajuan ekonomi," ungkapnya. 

Lebih jauh, Ia menyampaikan bahwa dalam mengatasi hal tersebut membuat Akses terhadap air menjadi sangat penting yang harus dilakukan. 

"Karenanya untuk membuat akses terhadap air bersih ini, untuk selalu menjaga itu akan menjadi sangat penting. Dan apa yang harus dilakukan, apa saja caranya, tentu saja nanti kami akan berkoordinasi dengan semua stakeholder termasuk dengan pemerintah," pungkasnya. 

Baca Juga: Puan Maharani Ucap Belasungkawa Mendalam Atas Meninggalnya Presiden Iran

Diketahui bahwa dalam pertemuan tersebut turut membahas sejumlah Issue yakni terkait dengan akses kepada air dan sanitasi, kemudian hal-hal yang terkait dengan management air yang inklusi. Selanjutnya terkait dengan air sebagai inti dari kebutuhan mendasar, juga diplomasi air dan kerjasama untuk perdamaian.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).