RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Wawancara Khusus Penasihat Teknis Senior Air Global UNDP

Wawancara Khusus Penasihat Teknis Senior Air Global UNDP

26 Mei 2024 07:37 WIB
Wawancara Khusus Penasihat Teknis Senior Air Global UNDP
Penasihat Teknis Senior Air Global Program Pembangunan PBB (UNDP), Mary M. Matthews (kiri) saat wawancara khusus di sela-sela pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali. (Foto:RRI/Retno Mandasari)

KBRN, Nusa Dua: Penasihat Teknis Senior Air Global Program Pembangunan PBB (UNDP), Mary M. Matthews mengatakan, dunia saat ini menghadapi krisis air. Sehingga, seluruh pihak diimbau untuk bekerjasama untuk memastikan generasi mendatang memiliki masa depan cerah yang memiliki akses terhadap air bersih dan aman. 

Berikut wawancara khusus reporter Retno Mandasari bersama Mary M. Matthews di sela-sela pelaksanaan World Water Forum (WWF) Ke-10 di Nusa Dua, Bali selengkapnya.

Seperti apa kondisi air di dunia saat ini? 

Izinkan saya memberi Anda sebuah contoh daan ini adalah sesuatu yang ingin saya lakukan untuk menjelaskan hal ini ketika kita berbicara tentang air. Kita mengalami krisis air dan kita mempunyai masalah air yang sangat serius, terutama sehubungan dengan perubahan iklim. 

Karena, 80 persen dari seluruh dampaknya berkaitan dengan iklim, maka dampaknya berkaitan dengan air. Itu berarti 80 persen, jadi empat dari lima dampak perubahan iklim berkaitan dengan air. Namun, masyarakat sebenarnya tidak merasakan adanya krisis air, padahal kita sangat sadar bahwa sedang terjadi krisis iklim. 

Anda bertanya bagaimana keadaan airnya?. Faktanya, negara-negara berada dalam krisis karena perubahan iklim, serta tingginya kebutuhan air di planet ini. Salah satu cara saya memikirkan hal ini adalah ketika saya berbicara dengan orang-orang tentang air, mereka bertanya-tanya, apa masalahnya?. Dan di planet biru, di mana pun kita tidak bisa mendapatkan air. 

Ya, ada, namun jika Anda menghilangkan semua air asin di lautan, 72 persennya menghilangkannya, Anda tidak bisa, kita tidak punya akses terhadap air tersebut. Kita tidak bisa menggunakannya untuk minum atau untuk pertanian atau untuk banyak keperluan industri kota. Ambillah itu, lalu ada air yang terperangkap jauh di bawah tanah. Air itu terperangkap di gletser, terperangkap di gunung es, dan seterusnya. 

Anda mengambil semua itu dan Anda mendapatkan air yang sebenarnya dapat kita akses sehari-hari, seperti itu mudah diakses. Itu adalah semua air di dunia. Jumlah tersebut adalah 0,03 persen dari seluruh air di dunia, dan itu adalah angka yang sangat sulit untuk dibayangkan. 

Jadi, kalau dipikir-pikir begini, kalau tubuh saya adalah seluruh air yang ada di dunia, maka 0,03 persen adalah jumlah yang ada di ibu jari saya. Dan, hanya itu yang kita punya, air tawar yang bisa kita minum, yang bisa kita pakai untuk tanaman, yang bisa kita gunakan untuk pertanian, industri, dan kota. 

Jumlahnya sebanyak itu pada 3.000 tahun yang lalu, dan sekarang jumlahnya sebanyak itu. Kita tidak mempunyai cukup air dan kita harus sangat berhati-hati dalam menggunakannya serta memastikan bahwa air yang kita miliki adalah air yang kita lindungi dan kita pelihara serta ekosistem yang bertanggung jawab atas air yang kita miliki.

Jika kita berbicara soal Tujuan-tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDGs), kita tahu bahwa air merupakan salah satu point penting di tujuan nomor 6. Sejauh mana pencapaiannya hingga saat ini, sebab kita masih memiliki sekitar 6 tahun untuk mencapai berbagai tujuan SDGs?

Ya, hal ini terjadi dengan cepat dan kami telah menjalani dekade aksi air dari tahun 2018 hingga 2028. Kami benar-benar mulai melihat beberapa kemajuan. Masyarakat mulai sadar akan hal ini, namun sehubungan dengan SDG6, kita belum mencapai kemajuan, kita perlu mencapainya. 

Namun, salah satu hal mengenai SDG6 adalah air karena SDG itu sendiri sangatlah penting. Tapi, UNDP misalnya, kami tidak bisa memikirkan SDGs apa pun tanpa memikirkan air. UNDP menerapkan pendekatan SDG secara menyeluruh terhadap air, karena jika Anda tidak memiliki air, Anda akan mengalami kemiskinan, Anda akan mengalami kelaparan, Anda akan kekurangan pendidikan. Para perempuan akan terkena dampak air secara tidak proporsional. 

Jadi, jika berbicara tentang perubahan iklim, bagaimana dampaknya terhadap keberadaan air?

Dengan perubahan iklim, kta melihat masalah-masalah yang jauh lebih ekstrim di dalam air. Jika, kita membingkai masalah air, bukan perubahan iklim, saya pikir orang-orang akan memahami hal ini dengan lebih baik, lebih cepat, dan jauh lebih sedikit. 

Ya, mudah-mudahan kontroversi ini tidak terlalu kontroversial karena begitulah cara orang mengalami perubahan iklim. Ketika Anda mengetahui empat dari lima dampaknya, banjir, kekeringan, panas ekstrem, menciptakan proses yang luar biasa, turunnya hujan padahal biasanya tidak turun. Serta, para petani tidak yakin kapan harus menanam di musim kemarau. 

Padahal biasanya tidak terjadi kekeringan, kita melihat dampak yang jauh lebih parah serta badai menjadi jauh lebih parah, topan dan angin topan menjadi lebih parah berhubungan dengan air. Maksud saya ini sungguh memprihatinkan.

Kalau kita bisa menyentuh sedikit tentang perang saat ini adalah konflik, tentu saja hal ini juga berdampak pada krisis air, apakah Anda memiliki pendapat terhadap hal itu?

Tentu dan sekali lagi ini adalah sesuatu yang berjalan dua arah. Di abad yang lalu mereka mengatakan perang terjadi karena minyak dan akses terhadap minyak dan kebenaran membuktikan hal itu. Sejarah benar-benar menunjukkan bahwa dikatakan bahwa Perang akan terjadi karena air pada abad ini dan pada masa hidup cucu perempuan saya. 

Hal ini karena air merupakan alat ekonomi yang sangat penting. Ini adalah alat sosial yang penting bagi kita semua. Setiap orang yang pernah hidup, tidak dapat hidup tanpa air. Namun, dengan semakin parahnya perubahan iklim. 

Kita mengalami migrasi massal, ketegangan meningkat, konflik meningkat, dan menjadi lebih problematis. Pada saat yang sama, kita juga melihat situasi yang sangat memilukan sehubungan dengan daerah-daerah yang terkena dampak konflik yang tidak memiliki akses terhadap air dan tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman, apalagi air untuk mencuci pakaian atau air untuk pertanian. 

Kita harus memikirkan hal ini, jika kita ingin adanya perdamaian dan keamanan di dunia ini, kita harus memecahkan teka-teki itu, yaitu air. 

Artinya kita tidak bisa menjadikan air sebagai senjata, kan?

Tentu saja dan sayangnya orang-orang Romawi kuno cukup pandai membangun kerajaan. Seandainya mereka melakukan dua hal ketika harus menaklukkan suatu wilayah dan mereka benar-benar membutuhkannya untuk mengacaukan situasi. 

Mereka akan menggarami ladang, sehingga ladang tidak bisa tumbuh dan tanahnya rusak. Ketika Anda merusaknya, maka itu adalah masalah air dan mereka juga akan mencemari sumur yang mereka jadikan senjata air. 

Sayangnya, kini kita melihat hal tersebut terjadi lagi atau setidaknya kita berada di titik puncaknya dan hal ini belum menjadi titik nyala. Namun, ada beberapa bagian dunia di mana kita dapat dengan pasti mengatakan air digunakan sebagai sumber senjata.

Bagaimana Anda menilai komitmen semua peserta World Water Forum (WWF) ke-10, apalagi sudah dideklarasikannnya Deklarasi Menteri?

Saya pikir kita membuat kemajuan yang baik, 2023 adalah Konferensi Air PBB yang pertama. Ini sejak saya berusia 12 tahun dan Itu terjadi pada tahun 1977. Kita belum punya satu sama lain hingga tahun 2023. Apakah karena air tidak penting? Tidak, itu karena air sangat sulit dan rumit serta menantang dan sangat penting. 

Lalu bagaimana dengan posisi kita saat ini?. Saya pernah aktif terlibat dalam sejumlah forum air dunia di masa lalu, dan forum air dunia dimulai pada 1997. Kami mengadakan forum air pertama dan seiring dengan kemajuan, setiap tiga tahun sekali dan sering kali memainkan peran yang sangat penting dalam mengisi forum tersebut. 

Sekarang kita berada pada titik di mana kita akan mengadakan konferensi air PBB. Karena tiba-tiba atau mungkin tidak secara tiba-tiba, tetapi menjadi sangat penting bagi kita untuk mulai membenahi ini dan menangani hal itu. Jadi, kami mempunyai proses di PBB yang menangani hal ini. 

Namun, World Water Forum (WWF) memainkan peran yang sangat penting dalam menyatukan semua pemangku kepentingan, sektor swasta, generasi muda, LSM, akademisi, dan juga pemerintah. 

Satu hal yang benar-benar saya perhatikan dan perhatikan ketika saya menghadiri konferensi air PBB tahun lalu dan saya juga memperhatikannya tahun ini, adalah ada keinginan kita harus menangani masalah ini pada tingkat yang benar-benar baru. 

Hal tersebut 10 tahun yang lalu, kita tidak melihatnya dan saya pikir itu sebagian karena kita mempunyai generasi menteri baru yang memahami isu-isu ini. Namun, menurut saya hal ini juga disebabkan karena adanya protes global terhadap perubahan iklim. Tentu saja, kita kembali membahas masalah air karena keduanya saling berkaitan.

Apa tanggapan Anda soal inisiatif Indonesia sebagai tuan rumah WWF ke-10 dengan salah satunya mengusulkan adanya “Hari Pulau Dunia” untuk disahkan di PBB?

Menurut saya  hal itu luar biasa dan sangat menarik. Kami akan mengatakan lebih dari 20 tahun dan apa yang saya lihat dalam tiga sampai lima tahun terakhir dan terutama dalam dua tahun terakhir adalah pemerintah ingin mengambil tindakan dan berkata.

“ya, kami ingin mengatasi masalah ini. Dan, kita tidak bisa melakukannya sendiri. Kami akan bekerja dengan tetangga dan akan dapat menerapkan apa yang kami pelajari, dan kami akan membaginya dengan orang lain di seluruh dunia”. UNDP baru saja merilis laporan menarik dan ini sebenarnya merupakan penilaian panduan. Penilaian mandiri bagi Industri untuk dapat menilai dampaknya terhadap air, dan ini merupakan inisiatif yang sangat luar biasa. 

Hal yang menyenangkan adalah dengan UNDP kita akan mampu mengambil inisiatif tersebut. Tentu saja menunggu dukungan dari pemerintah, dan dapat mereplikasi hal tersebut ke tempat lain di dunia. Sehingga, setiap orang mempunyai akses terhadap air minum, sehingga kita tidak meminum air yang tercemar dan menurut saya ini luar biasa. 

Menurut saya komitmen pemerintah untuk mengambil tindakan ini dan mengambil langkah maju serta mengatakan, “hei, kami ingin menjadi pemimpin, sungguh luar biasa”. Saya salut kepada Indonesia yang telah melakukan hal tersebut.

Jadi, menurut Anda apakah hal itu akan disantap saat UNGA nanti di PBB bulan September?

Saya tidak dapat mengungkapkannya saat ini. Tapi, saya menantikan kapan diluncurkan. Hal ini memberikan dampak yang sangat penting dan satu hal yang penting, baik diluncurkan pada sidang umum PBB atau forum politik tingkat tinggi PBB atau tahun ini kita mengadakan tiga COP (Konferensi Perubahan Iklim-red). 

Jadi, inilah polisi dalam pembangunan berkelanjutan. Pentingnya ekosistem dan keanekaragaman hayati, air sangat penting untuk hal tersebut. Menurut saya salah satu hal yang sangat penting adalah karena organisasi internasional, negara-negara anggota, LSM dan khususnya media harus bekerja sama, kita harus mencari cara untuk berkoordinasi dan kita harus belajar dari masing-masing organisasi. Kita perlu bekerja sama dan ini adalah upaya kolaboratif.


Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Allan
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).