TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jubir AMIN Buka Suara soal Usulan Debat Cawapres Ditemani Capres

Jubir AMIN Buka Suara soal Usulan Debat Cawapres Ditemani Capres

3 Desember 2023 18:40 WIB
Jubir AMIN Buka Suara soal Usulan Debat Cawapres Ditemani Capres

TVRINews, Jakarta

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) buka suara terkait tudingan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ihwal format debat kandidat Pilpres 2024.

Jubir TIMNAS AMIN, Said Didu menuturkan jika pihaknya akan tetep berpegangan dengan aturan perundang-undangan aturan debat mengenai tiga kali Capres dan dua kali debat Cawapres.

“Saya pikir timnas 01 akan yakin tetap akan berpegang pada peraturan perundangan yang sudah ada, dan di peraturan perundangan yang sudah ada jelas disebutkan bahwa lima kali perdebatan itu tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres,” kata Said kepada awak media termasuk TVRINews.com, di Jalan Brawijaya X No. 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 3 Desember 2023.

Mengenai tudingan TKN Prabowo-Gibran ihwal format debat kandidat Pilpres 2024, Said menuturkan jika hal tersebut merupakan dinamika rapat.

“Saya kan tidak hadir saat rapatnya, Jadi, saya pikir itu dinamika rapat saja,” ucap dia

Kemudian, dengan tegas Said menuturkan jika mengenai keputusan akhir terkait debat Pilpres 2024 pihaknya akan konsisten dan melaksanakan sesuai dengan undang-undang yang sudah ada.

“Sikap dari 01 adalah konsisten bahwa itu harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangan sekali lagi tiga kali debat presiden dan dua kali debat wapres itu saya pikir clear dari 01 bahwa berpegang pada peraturan yang sudah ada,” tegas dia

Selain itu, ia menyangkan dengan sikap KPU yang membuka ruang untuk membiarkan seseorang peserta merubah format debat diluar peraturan perundangan-undangan.

“Yang menarik bagi saya, seharusnya KPU tidak membuka ruang untuk merubah format debat diluar peraturan perundangan-undangan. Walaupun ada usulan peserta,” imbuhnya

“Jadi harusnya, saya juga heran kenapa KPU sekarang menyatakan bahwa itu usulan 01 kan harusnya sebagai penjaga penyelenggara KPU harusnya tegas mohon maaf kalau ada usulan di luar ini tidak bisa diterima, marena aturannya sangat jelas tidak ditafsirkan apa-ap,” sambung dia

Ia juga menilai, jika saat ini KPU belum memiliki pondasi yang kuat untuk menyambut Pilpres 2024

“Yaa mungkin (belum memiliki pondasi yanv kuat) dan juga goyang-goyang. Saya tidak tahu apakah dia memang tidak paham atau memang sengaja menggoyang,” tukas dia

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).