RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PDSI Tangkal Ratusan Serangan Siber di Ajang WWF ke-10

PDSI Tangkal Ratusan Serangan Siber di Ajang WWF ke-10

8 Juni 2024 00:30 WIB
PDSI Tangkal Ratusan Serangan Siber di Ajang WWF ke-10
Kepala Pusat dan Sarana Informatika (PDSI), Irawati Tjipto Priyanti saat media briefing di Gedung Kominfo, Jakarta (07/06/2024) Dok: RRI.co.id/Josua Sihombing

KBRN, Jakarta: Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Irawati Tjipto Priyanti, mengungkapkan ratusan serangan di ruang siber terjadi dalam ajang Word Water Forum (WWF) ke-10, di Bali. Serangan ruang siber itu dikatakan Irawati, menyasar pada situs resmi untuk publikasi ajang WWF ke-10. 

"Serangan siber pada event-event internasional itu nyata adanya. Kita coba cegah, dan Alhamdulillah tidak memberikan dampak yang signifikan," kata Irawati dalam media briefing, di gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (07/06/2024). 

Irawati merinci, secara total terdapat 184 kali percobaan serangan ke website resmi tersebut. PDSI menemukan mayoritas serangan atau sebanyak 54 persen adalah serangan illegal resource access, disusul 28 persen oleh Bad Bots, 12 persen SQL Injection, dan 6 persennya Cross-site scripting. 

Dari situ, pihaknya memantau dan menggagalkan upaya serangan siber dengan berbagai tingkat katagori. Rincian kategori serangan siber itu yakni 48 insiden kategori kritikal, 40 mayor, dan 96 minor.

Pewarta: Yosua Sihombing
Editor: Pessy
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).