TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • WWF Ke-10 Hasilkan Komitmen Baru Pengelolaan Sungai 

WWF Ke-10 Hasilkan Komitmen Baru Pengelolaan Sungai 

25 Mei 2024 07:55 WIB
WWF Ke-10 Hasilkan Komitmen Baru Pengelolaan Sungai 

TVRINews, Nusa Dua

Perhelatan World Water Forum ke-10 tidak hanya berupa agenda pertemuan semata tanpa hasil, melainkan melahirkan beberapa kesepakatan yang dituangkan aksi nyata melalui deklarasi tingkat menteri. 

Pada pertemuan ini, para peserta juga menyepakati Bali Basin Champions Agenda, atau komitmen baru dari Dakar action plan for basins legacy pada WWF ke-9.

Komitmen baru ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan wilayah sungai untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan ( SDGs).

“Para peserta pada segmen Bali Basin Champions Agenda menegaskan kembali pengelolaan wilayah sungai sebagai prioritas dalam segmen politik tingkat tinggi,” ujar Sekretaris Jenderal International Network of Basin Organisations (INBO) Eric Tardieu.

Baca Juga: Presiden WWC: Bali Pusat Air Dunia Selama Seminggu Ini

Pengelolaan sungai tidak hanya tugas kementerian saja namun juga menjadi tugas parlemen dan pemerintah daerah. 

Diakuinya memang untuk mengimplementasikan komitmen tersebut dibutuhkan sosialisasi, pemberdayaan masyarakat serta alih teknologi.

Karenanya pada komitmen ini INBO akan meluncurkan program Twin Basin Initiative (TBI) yaitu program global untuk pertukaran pengalaman sistem pengelolaan air dengan kontribusi dari komisi Eropa, The French Development agency, GEF-IW sebagai partner, Inter-American Development Bank, Development Bank of latin America and the Caribbean, World Bank dan Asian Development Bank.

International Network Of Basin Organization atau INBO sendiri adalah organisasi yang berfokus pada pengelolaan sumber daya air terpadu oleh dan untuk wilayah sungai.

Baca Juga: World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup, Seluruh Agenda Indonesia Berhasil Tercapai

INBO mengungkapkan ada 3 tantangan utama yang harus diatasi di seluruh dunia yaitu, adaptasi perubahan iklim, pelestarian keanekaragaman hayati, dan kerjasama lintas batas. 

INBO juga mengungkapkan solusi efektif untuk mengatasi tantangan ini yaitu dengan pemerintahan kolaboratif, perencanaan strategis, sistem informasi bersama dan pembiayaan berkelanjutan.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).