RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia akan Luncurkan “Bali Youth Water Prize”

Indonesia akan Luncurkan “Bali Youth Water Prize”

25 Mei 2024 04:00 WIB
Indonesia akan Luncurkan “Bali Youth Water Prize”
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan pidato saat upacara penutupan World Water Forum (WWF) ke-10, Jumat (24/05/2024) di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali. (Foto:Nyoman Hendra Wibowo/nym/mif/Ist)

KBRN, Nusa Dua: Pemerintah Indonesia akan meluncurkan “Bali Youth Water Prize” atau penghargaan kepada kontribusi pemuda terkait air. Peluncuraan akan dilakukan pada penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-11 di Arab Saudi 2027 mendatang. 

“Untuk mengakui dan mendorong peran pemuda serta kontribusinya dalam mencapai penelitian dan inovasi serta pentingnya mereka dalam sektor air. Pemerintah Indonesia akan mengadakan acara penghargaan Bali Youth Water Prize untuk WWF selanjutnya WWF,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat penutupan WWF ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali Jumat (24/05/2024). 

Menurut Basuki lahirnya penghargaan tersebut didasari pada pelaksanaan WWF ke-10 yang melibatkan multi-pemangku kepentingan. Sehingga, mendorong kolaborasi konkrit yang inovatif dan berorientasi pada solusi.

“Hal ini juga memperkuat ketahanan sumber daya air yang berkelanjutan. Saya yakin penghargaan ini akan memberikan dorongan bagi generasi muda sebagai agen kita di masa depan,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu Basuki mendorong seluruh pihak melanjutkan komitmen bersama melakukan tiga hal pasca pelaksanaan WWF ke-10. Seperti, pentingnya terus melakukan langkah konkrit dengan berbagai komitmen dan harus diikuti dengan tindakan nyata dengan rasa memiliki yang kuat. 

“Kedua, memperbaiki sinergitas di antara para pemangku kepentingan terkait tantangan air dan sanitasi, menjadi lebih terkait dengan isu perubahan iklim. Perlu dikembangkan pendekatan yang holistik dan lintas sektoral,” ucap Basuki. 

“Ketiga, berkontribusi sesuai kemampuan masing-masing negara dalam agenda air global. Setiap negara harus menjadi bagian dari solusi melalui kolaborasi dan implementasi.” 

Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Pessy
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).