RRI

Arab Saudi Resmi Jadi Tuan Rumah WWF Ke-11

24 Mei 2024 22:53 WIB
Arab Saudi Resmi Jadi Tuan Rumah WWF Ke-11
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua dari kiri) berpegangan tangan dengan Wakil Menteri untuk Air dari Kementerian Lingkungan, Air dan Pertanian Kerajaan Arab Saudi, Abdulaziz M. Alshaibani (tengah) saat berfoto bersama dengan delegasi Arab Saudi usai upacara penutupan World Water Forum ke-10 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (24/5/2024). (Foto:Media Center World Water Forum 2024/Nyoman Hendra Wibowo/nym/Ist)

KBRN, Nusa Dua: World Water Council (WWC) resmi mengumumkan Arab Saudi sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) Ke-11 pada 2027. Pengumuman itu disampaikan saat penutupan WWF Ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (24/05/2024). 

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan WWF Ke-11 Arab Saudi mengusung tema “Aksi untuk Masa Depan yang Lebih Baik”. Kata Wakil Menteri untuk Air dari Kementerian Lingkungan, Air dan Pertanian Kerajaan Arab Saudi, Abdulaziz M. Alshaibani.

“Tema “Aksi untuk Masa Depan yang Lebih Baik”, merangkum visi kami tentang masa depan. Kami berkomitmen melanjutkan pencapaian forum-forum sebelumnya dan mendorong cakupan pembiayaan air, solusi inovatif, dan kerja sama global,” ujar Abdulaziz. 

Ia menjelaskan, sebagai tuan rumah tiga tahun mendatang, Arab Saudi memiliki tujuan menciptakan konvergensi air global. Yakni, di mana pemangku kepentingan dapat berbagi pengetahuan hingga mendorong adanya inovasi.

“Kami bertujuan memastikan WWF sebagai upaya kolektif yang relevan menjamin masa depan air yang lebih baik bagi semua. Selain itu, kami mendorong Anda semua melanjutkan dialog, kolaborasi dan tindakan yang telah kita mulai di Bali,” katanya.

“Mari kita tetap berkomitmen pada tanggung jawab kita bersama dalam mengelola perlindungan air yang berharga.” Secara khusus Abdulaziz mengungkapkan, air merupakan inti dari “Visi 2030” Arab Saudi, yaitu mendiversifikasi perekonomian dan memastikan pembangunan berkelanjutan. 

Abdulaziz menambahkan, “Strategi Air Nasional 2030” adalah garis besar komitmen Arab Saudi yang mencakup sejumlah hal. “Akses berkelanjutan untuk menghemat air dan sanitasi," katanya.

"Meningkatkan manajemen permintaan air, melestarikan dan mengoptimalkan sumber daya air. Serta, mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekonomi di sektor air,” ujar Abdulaziz.

Selain mendorong seluruh partisipan melanjutkan berbagai dialog, kolaborasi dan tindakan yang diputuskan di Bali. Arab Saudi juga mengharapkan bisa bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mewujudkan implementasi WWF Ke-11 yang sukses. 

“WWC memberi kami kesempatan ini menjadi tuan rumah Forum Air Dunia Ke-11 dan kami berharap dapat bekerja sama dengan WWC. Yaitu, dengan semua organisasi terkait air regional dan internasional, termasuk juga kelompok masyarakat sipil, dan akademisi serta agenda yang dapat dilaksanakan,” ujarnya. 

Penyelenggaraan WWF Ke-11 nantinya akan berlangsung di Kota Riyadh, Arab Saudi. Adapun Arab Saudi dikenal sebagai negara dengan produksi desalinasi terbesar di dunia. 

Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Allan
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).