TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia Serahkan Estafet Tuan Rumah World Water Forum ke Arab Saudi

Indonesia Serahkan Estafet Tuan Rumah World Water Forum ke Arab Saudi

24 Mei 2024 22:24 WIB
Indonesia Serahkan Estafet Tuan Rumah World Water Forum ke Arab Saudi

TVRINews, Nusa Dua

Indonesia menyerahkan estafet tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum kepada Arab Saudi.

Estafet penyelenggaraan WWF diserahkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Deputi Menteri Bidang Perundang-undangan Kementerian Air, Lingkungan Hidup, dan Pertanian Arab Saudi Fahad bin Saad Abu-Mouti.

“Saya harap teman kita dari Arab Saudi akan meneruskan kerja sama ini. Saya harapkan kesuksesan mereka dalam menyelenggarakan World Water Forum ke-11 di Riyadh,” kata Basuki saat menutup World Water Forum di Bali, Jumat, 24 Mei 2024. 

Baca Juga: World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup, Seluruh Agenda Indonesia Berhasil Tercapai

“Dengan ini saya resmi menyatakan World Water Forum ke-10 resmi ditutup," lanjutnya.

Namun demikian, Basuki mengingatkan agar proyek dan komitmen yang sudah dibicarakan serta disetujui selama WWF di Bali, perlu ditindaklanjuti dengan tindakan konkret.

"Jadi, solidaritas dalam pengelolaan sumber daya air. Hindari kompetisi. Semua harus kerja sama untuk mengatur air," ucapnya.

Sebagai informasi, World Water Forum ke-10 menghasilkan Deklarasi Menteri, yang memberikan arah yang jelas di tengah tantangan global. 

Usul Indonesia soal Hari Danau Dunia juga dicantumkan, serta pembentukan Center of Excellence untuk ketahanan air dan iklim, pengarusutamaan pengelolaan sumber daya air terpadu di pulau-pulau kecil. Berbagai inisiatif lainnya, juga melengkapi agenda aksi di bidang air Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Water Action Agenda).

Baca juga: Indonesia Rintis Kerja Sama dengan Republik Mali di Bidang Sumber Daya Air, Energi dan Transportasi

Forum yang digelar selama sepekan di Bali itu menjadi unik karena mempertemukan semua pemangku kepentingan yang terkait dengan agenda air mulai dari pemerintah, anggota parlemen,  organisasi internasional, LSM, hingga sektor swasta, dan pemuda.

Tak lupa Indonesia juga mendorong peran pemuda untuk berkontribusi dalam penelitian dan inovasi serta peran penting pemuda di sektor air dengan memberikan penghargaan ‘Bali Youth Water Prize’ dalam penyelenggaraan World Water Forum selanjutnya.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).