TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Forum Parlemen di WWF 2024 Inisiasi Kaukus Parlemen Guna Percepat Solusi Masalah Air

Forum Parlemen di WWF 2024 Inisiasi Kaukus Parlemen Guna Percepat Solusi Masalah Air

22 Mei 2024 13:21 WIB
Forum Parlemen di WWF 2024 Inisiasi Kaukus Parlemen Guna Percepat Solusi Masalah Air

TVRINews, Bali

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menegaskan bahwa forum Parlemen Internasional tersebut kolaborasi pemangku kepentingan di tingkat lokal, regional, dan internasional perlu diupayakan agar isu air dan sanitasi dapat menjadi agenda politik negara. 

Ia mengungkapkan bahwa Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum yang berlangsung pada Senin, 21 Mei 2024 itu, kaukus parlemen dapat menjadi forum untuk mempercepat hadirnya solusi terhadap persoalan air, termasuk akses terhadap air bersih.

“Jadi kita menggerakkan semua parlemen. Kaukus ini sebenarnya sama tujuannya. Menggerakkan semua anggota parlemen mengawal isu air,” ucap Putu. 

Sidang pleno Parliamentary Meeting bertema 'Water Diplomacy, Cooperation, and Science for Peace'. Putu tampil sebagai pembicara bersama Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB, Armida Alisjahbana; Presiden Club de Madrid, Danilo Turk; Wakil Presiden Asosiasi Hidrogeolog Australasia-Pasifik dan Pasifik, Sarah Bourke; serta Anggota Majelis Nasional Pantai Gading, Euphrasie Liliane-Chantal Yameogo.

Putu mengatakan bahwa kaukus parlemen ini dapat dipraktikkan di negara-negara peserta The 10th World Water Forum. Di Indonesia, Putu menjadi inisiator pembentukan Water Caucus secara simbolis di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta.

Putu yang juga anggota Biro Komite Inter-Parliamentary Union (IPU) akan mendorong terbentuknya kaukus di kalangan anggota IPU dari 190 negara.

“Kaukus parlemen ini bisa mengakselerasi agenda air dunia,” jelas Putu.

Parliamentary Meeting merupakan bagian dari sesi politik World Water Forum ke-10 yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada 18--25 Mei 2024 dengan tema besar Air untuk Kesejahteraan Bersama atau Water for Shared Prosperity. Adapun tema Parliamentary Meeting adalah ‘Mobilizing Parliamentary Action on Water for Shared Prosperity’ (Memobilisasi Aksi Parlementer mengenai Air untuk Kesejahteraan Bersama).


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).