RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia Berbagi Pengalaman Pembagian Tugas Pengelolaan Air

Indonesia Berbagi Pengalaman Pembagian Tugas Pengelolaan Air

22 Mei 2024 14:05 WIB
Indonesia Berbagi Pengalaman Pembagian Tugas Pengelolaan Air
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjadi pembicara di World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu (22/5/2024). (Foto: rri.co.id/Charlie Lopulua)

KBRN, Bali: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian berbagi pengalaman yang dilakukan Indonesia dalam pengelolaan air pada World Water Forum (WWF) ke-10. Menurutnya, Indonesia melakukan pembagian tugas dari mulaipemerintah pusat, daerah hingga desa.

"Untuk itulah saat ini saya menyampaikan. Belajar, sharing pengalaman Indonesia kita bagi tugas," kata Tito usai menghadiri United Cities and Local Governments Meeting dalam rangkaian WWF ke-10 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (22/5/2024).

Tito mengatakan pembagian tugas pengelolaan air ini perlu dilakukan. Meski diketahui masing-masing negara memiliki sitem pemerintahan yang berbeda. 

Adapun pembagian tugas yang dilakukan Indonesia, seperti pemerintah pusat membangun penampungan air berskala besar seperti bendungan. Sementara di tingkatan provinsi hingga kabupaten dan kota membangun irigasinya.

"Begitu seterusnya hingga ke tingkatan desa," ucapnya. Tito menekankan, kolaborasi ini harus terintegrasi agar pengelolaan air menjadi maksimal.

Dia mengatakan, kolaborasi tidak hanya pada pemerintahan saja. Namun juga stakeholder lain diluarnya, seperti akademisi, media, hingga tokoh berpengaruh.

"Ini semua perlu dilibatkan mulai dari pendidikan sejak dini. Hal ini dalam rangka mitigasi dan pencegahan terjadinya masalah-masalah," ujarnya.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).