RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mendagri Sependapat Pembentukan Badan Khusus Air

Mendagri Sependapat Pembentukan Badan Khusus Air

22 Mei 2024 13:48 WIB
Mendagri Sependapat Pembentukan Badan Khusus Air
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (tengah) menjadi pembicara di World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu (22/5/2024). (Foto:rri.co.id/Charlie Lopulua)

KBRN, Bali: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengaku sependapat dengan usulan pembentukan badan baru yang khusus menangani manajemen air. Sebab sejumlah negara telah melakukan, seperti Menteri Air Maroko yang hadir dalam World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali.

"Iya, saya sependapat. Beberapa negara bahkan sudah punya menteri, seperti tadi salah satu speaker adalah Ministry Water of Maroko," ucapnya usai menghadiri United Cities and Local Governments Forum dalam rangkaian World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (22/5/2024).

Tito menyebutkan, saat ini manajeman persoalan air hanya berada di beberapa Kementerian. Seperti salah satunya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Akan tetapi disana juga kata Tito manajemen airnya hanya terfokus pada kelautan saja. Sehingga tak mengurusi air lain yang berada di daratan.

Padahal persoalan air saat ini meruapakan suatu yang krusial, sebab populasi dunia terus meningkat. Namun, ia menekankan tak memiliki kewengan dan hanya menyampaikan ide yang berkembang dalam WWF ke 10.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebutkan adanya usulan pembentukan sebuah badan yang khusus menangani persoalan air di Indonesia. Usulan itu kata dia berkembang dalam United Cities and Local Governments Forum dirangkaian World Water Forum (WWF) ke 10 di Bali.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Allan
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).