TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • AHY: Dibutuhkan Kepemimpinan dan Manajemen yang Efektif Dalam Atasi Permasalahan Air

AHY: Dibutuhkan Kepemimpinan dan Manajemen yang Efektif Dalam Atasi Permasalahan Air

22 Mei 2024 12:05 WIB
AHY: Dibutuhkan Kepemimpinan dan Manajemen yang Efektif Dalam Atasi Permasalahan Air

TVRINews, Badung

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan bahwa kepemimpinan dan manajemen yang efektif di tingkat lokal menjadi peran penting dalam mengimplementasikan kebijakan yang lebih tinggi khususnya terkait dengan program kebijakan dan strategi terkait dengan water manajemen di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh AHY usai menjadi pembicara dalam acara Forum Local dan Regional Government di salah satu rangkaian kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

"Jadi ini forum yang bagus karena berbicara bagaimana tata kelola pemerintahan di tingkat pusat tapi juga langsung di breakdown di tingkat lokal dan juga regional. Local and regional government forum ini menjadi penting karena juga pada saatnya setelah kita tentukan kebijakan di tingkat tertinggi diimplementasi secara baik itu tentunya memerlukan kepemimpinan dan manajemen yang efektif di tingkat lokal," ucap AHY di Singaraja Hall, BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu, 22 Mei 2024.

Baca Juga: Agenda WWF ke-10 Hari Kelima, Hadirkan Proses Politik untuk Otoritas Wilayah Sungai

Pada kesempatan tersebut, AHY turut menyampaikan bahwa ketika dirinya menyampaikan pandangannya terkait mendukung tema besar WWF 2024 ini, ia mengatakan bahwa manajemen air khususnya manajemen air bersih merupakan aspek yang harus ditujukan pada penguatan kesejahteraan dan kemakmuran untuk semua untuk rakyat. 

"Jadi jangan sampai kemudian air yang merupakan elemen yang paling fundamental dalam kehidupan tidak menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat," jelasnya. 

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan bahwa terkait akses yang berkeadilan dalam memperoleh dan mendapatkan air bersih juga menjadi poin dalam pembahasan. AHY menyampaikan bahwa keberlanjutan manajemen air bersih turut berpengaruh dan terus menjadi isu dan perdebatan di dunia.

Baca Juga: World Water Forum ke-10 Dorong Kolaborasi Peringatan Dini Bencana

"Oleh karena itu melalui world water forum kita punya semangat untuk mencari solusi bersama dan mudah-mudahan kita bisa bersatu dan berkolaborasi mengambil langkah-langkah yang konkret dan menjaga air termasuk tanah dan lingkungan kita yang hanya satu. Artinya kita berharap masa depan anak cucu kita juga tetap baik dan semakin baik," pungkasnya.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).