TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • World Water Forum ke-11 Akan Digelar di Arab Saudi

World Water Forum ke-11 Akan Digelar di Arab Saudi

21 Mei 2024 19:56 WIB
World Water Forum ke-11 Akan Digelar di Arab Saudi

TVRINews, Nusa Dua

Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon mengatakan World Water Forum ke-11 akan diselenggarakan di Arab Saudi.

“Bagi kami World Water Council (dewan air dunia), proses kementerian belum selesai hari ini. Ini akan dimulai selama tiga tahun ke depan untuk memajukan Forum Air Dunia ke-11 yang akan berlangsung di Arab Saudi ,” kata Fauchon, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: Basuki Hadimuljono: WWF Bali Hasilkan Kesepakatan Senilai Rp150 Triliun

Sebelum menyampaikan hal tersebut, Fauchon menggarisbawahi beberapa poin yang menurutnya penting dari ministerial declaration atau deklarasi tingkat menteri yagn merupakan hasil pertemuan tersebut.

Poin pertama, kata Fauchon, deklarasi tersebut menunjukkan pentingnya water security. Dimana warer security merupakan pendekatan global yang harus menjadi kesadaran semua orang untuk menjaga kuantitas maupun kualitas air serta ketersediaannya.

Kedua, deklarasi tersebut bertujuan untuk meyakinkan akses terhadap air. Hal ini merupakan hak asasi manusia. Hak atas air sejatinya memuat kebebasan yang mencakup jaminan atas akses air minum yang aman dan sanitasi, non-diskriminatif, serta jaminan ketiadaan gangguan atas akses pasokan air minum yang tersedia.

Baca Juga: 'Youth, Technology and Water' Forum Generasi Muda Bahas Pemanfaatan Teknologi Terkait Isu Air

“Kedua adalah Anda memiliki komitmen untuk meyakinkan akses terhadap air, bahwa akses terhadap air adalah hak asasi manusia,” ucapnya.

Poin selanjutnya yaitu keterlibatan dalam memperkuat pencegahan bencana dan pengurangan risiko dalam sistem peringatan dini dan tata kelola yang baik, dorongan untuk mengembangkan kerja sama lintas batas, dan poin terakhir adalah untuk mendorong implementasi jangka panjang.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).