RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Proses Regional WWF, Tonggak Kolaborasi Pengelolaan Air Kawasan

Proses Regional WWF, Tonggak Kolaborasi Pengelolaan Air Kawasan

21 Mei 2024 19:27 WIB
Proses Regional WWF, Tonggak Kolaborasi Pengelolaan Air Kawasan
Presiden World Water Council Loic Fauchon menyampaikan pidato saat pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (20/5/2024)(Foto: Antara)

KBRN, Denpasar: Proses regional sangatlah penting dalam World Water Forum (WWF). Proses regional merupakan tonggak yang signifikan dari keseluruhan pembahasan tentang air.

"Proses regional sangatlah penting dalam forum ini. Proses regional merupakan tonggak yang signifikan dari keseluruhan pembahasan tentang air dalam minggu ini," kata Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).

Seluruh sesi proses regional dikatakan Loic, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkolaborasi dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah air. Mengatasi air di masing-masing kawasan, maupun antar kawasan yang memiliki keterkaitan satu sama lain. 

"Semangat berkolaborasi tidak hanya menjadi pondasi yang kuat untuk masa depan (pengelolaan air) yang berkesinambungan. Tetapi juga memainkan peran yang krusial dalam kesuksesan (pengelolaan air) dari masing masing region," katanya.

Proses regional, katanya, akan menambah pengetahuan langsung dari lapangan, berbagi pengalaman antar wilayah. Sehingga hal-hal yang sukses di suatu wilayah dapat dilaksanakan di wilayah yang lain.

Sementara, Staf Khusus PUPR Firdaus Ali menyebut, proses regional dirancang untuk mendorong strategi yang disesuaikan kondisi dan kearifan lokal di kawasan. "Dengan mempertemukan para ahli, pembuat kebijakan, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan dari berbagai sektor," ucapnya.


Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).