RRI

Arab Saudi Jadi Tuan Rumah WWF Ke-11

21 Mei 2024 16:10 WIB
Arab Saudi Jadi Tuan Rumah WWF Ke-11
Presiden World Water Council atau Dewan Air Dunia (WWC), Loic Fauchon kepada RRI di Media Center, Nusa Dua, Bali, Selasa (21/05/2024). (Foto: RRI/Retno Mandasari)

KBRN, Nusa Dua:Arab Saudi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum atau Forum Air Dunia (WWF) Ke-11. Kata Presiden World Water Council atau Dewan Air Dunia (WWC), Loic Fauchon kepada RRI di Media Center, Nusa Dua, Bali, Selasa (21/05/2024). 

Menurut Fauchon rangkaian menuju penyelenggaraan WWF Ke-11 akan melalui tiga tahun. Ia menjelaskan, dalam rentang waktu itu akan dilakukan sejumlah hal termasuk diskusi mengenai pelaksanaan WWF Ke-10 dengan tuan rumah Indonesia.

“Masih terlalu dini untuk mengatakannya karena kami sedang berdiskusi bersama dengan pemerintah Arab Saudi juga dengan Indonesia. Karena, ada jalan yang harus ditempuh dalam tiga tahun dan setelah forum ke-11,” kata Fauchon

“Diskusi terakhir kami akan dilakukan pada bulan Oktober atau November.” Meski demikian, Fauchon mengharapkan Arab Saudi sebagai tuan rumah bisa lebih fokus terhadap akses air di setiap daerah. 

Ia juga memastikan forum air tersebut juga akan membahas lebih banyak. Terutama mengenai bencana terkait air. 

“Namun, saya dapat mengatakan sekarang bahwa karena faktanya, ini masih sangat awal, mungkin forum berikutnya akan lebih fokus pada akses air terhadap air di setiap daerah. Lebih dari setahun kami juga berdiskusi tentang apa saja yang terkait dengan bencana yang sedikit berbeda,” kata Presiden WWC menjelaskan. 

Sementara, secara khusus Fauchon mengapresiasi Indonesia yang dinilai berhasil sebagai tuan rumah WWF Ke-10. Menurutnya, seluruh elemen di Indonesia sangat kompak untuk menyukseskan penyelenggaraan forum yang menurut rencana akan ditutup pada Jumat malam ini. 

Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).