TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Organisasi Meteorologi Dunia: Waspada Dampak El Nino

Organisasi Meteorologi Dunia: Waspada Dampak El Nino

21 Mei 2024 15:53 WIB
Organisasi Meteorologi Dunia: Waspada Dampak El Nino

TVRINews, Nusa Dua, Bali

Sekertaris jenderal Organisasi Meteorologi Dunia, Celeste Saulo pada konferensi pers Collaborative Solutions for Global Water Challenges: The UN at the World Water Forum 2024 mengungkapkan dunia harus waspada akan dampak El Nino. 

Dampak El Nino yang dirasakan saat ini yaitu perubahan iklim yang mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir di Brazil, dan Erupsi gunung Api. Bencana alam mengakibatkan akses air yang baik terbatas. Menurutnya bisa dibayangkan jika krisis air terjadi dan bencana alam datang. Penanganan warga terdampak akan sulit dilakukan. Oleh karenanya Langkah Langkah penanganan mitigasi bencana dan Atasi krisis air tidak bisa terpisahkan. 

El Nino involve extreme impact” ujarnya

Baca Juga: Basuki Hadimuljono: WWF ke-10 Hasilkan Deklarasi Tingkat Menteri Pertama dalam Sejarah

Saulo mengakui bencana alam tidak bisa diprediksi, namun mitigasi bencana perlu diterapkan semua negara dengan baiknya Early Warning System

Menanggapi sistem mitigasi bencana, Mantan kepala Bappenas Armida Alisjahbana dalam kesempatan yang sama mengungkapkan mitigasi bencana Indonesia dinilainya telah baik terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melakukan tugas dan fungsinya untuk mengoptimalkan Early Warning Sistem Di Indonesia, dimana Indonesia masuk dalam kategori negara rawan bencana alam.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).