TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tutup 'Parliamentary Meeting, Puan Berharap Isu Air Jadi Agenda Prioritas Parlemen di Dunia

Tutup 'Parliamentary Meeting, Puan Berharap Isu Air Jadi Agenda Prioritas Parlemen di Dunia

21 Mei 2024 13:36 WIB
Tutup 'Parliamentary Meeting, Puan Berharap Isu Air Jadi Agenda Prioritas Parlemen di Dunia

TVRINews, Badung

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan bahwa dalam forum pertemuan sejumlah member Inter-Parliamentary Union (IPU) telah berhasil menyusun suatu komitmen sebagai wujud upaya bersama parlemen untuk mengatasi krisis air di dalam negeri maupun melalui diplomasi parlemen.

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani dalam Penutupan Parliamentary Meeting dalam rangkaian World Water Forum (WWF) 2024 di ruang Parliamentary Meeting, Pecatu Hall BNDCC2 pada Selasa, 21 Mei 2024.

"Setelah 2 hari diskusi kini telah sampai pada akhir pertemuan parlemen. Pada pertemuan ini kita telah berhasil menyusun suatu komitmen sebagai wujud upaya bersama parlemen untuk mengatasi krisis air," ucap Puan. 

Baca Juga: Sekretariat Global Blended Finance Alliance Resmi Diluncurkan

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengungkapkan bahwa pada awalnya Wakil generasi muda pada pembukaan forum tersebut mempertanyakan terkait dengan langkah konkret parlemen dalam proses pengadaan air bersih. 

"Wakil Generasi Muda, mereka tidak membutuhkan banyak janji tapi mereka membutuhkan tindakan konkret dalam pengadaan air bersih, ini merupakan tantangan kepada parlemen untuk menjawab kebutuhan generasi muda, menjawab kepentingan rakyat kita apakah kita dapat memaksimalkan komitmen menjadi langkah konkret," jelasnya. 

"Bersama-sama kita sepakat untuk menjadikan isu Air sebagai agenda prioritas parlemen negara kita masing-masing dan juga pada tingkat Global," pungkasnya. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Pemerintah Harus Maksimalkan Tata Kelola Air, No Water No Tourism

Diketahui, Parliamentary Meeting World Water Forum ke-10 mengangkat tema “Mobilizing Parliamentary Action on Water for Shared Prosperity” atau Memobilisasi Aksi Parlementer mengenai Air untuk Kesejahteraan Bersama. Melalui tema ini, anggota parlemen dari seluruh dunia akan berkesempatan mengambil langkah untuk mengatasi krisis dan kelangkaan air.

Parliamentary Meeting merupakan bagian dari sesi politik World Water Forum ke-10. World Water Forum ke-10 dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, pada 18--25 Mei 2024 dengan tema besar "Air untuk Kesejahteraan Bersama" atau "Water for Shared Prosperity".


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).