RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Luhut Luncurkan Buku Tentang Citarum di Momen WWF

Luhut Luncurkan Buku Tentang Citarum di Momen WWF

21 Mei 2024 10:40 WIB
Luhut Luncurkan Buku Tentang Citarum di Momen WWF
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meluncurkan buku Citarum Harum pada momentum WWF di, Bali )Foto: Kemenko Marves)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut B Pandjaitan meluncurkan buku berjudul Citarum Harum. Tepatnya, pada momentum World Water Forum (WWF) Ke-10, di Nusa Dua, Bali. Buku yang diluncurkan berjudul Citarum Harum. 

Peluncuran buku ini menjadi tonggak penting dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Khususnya dalam merehabilitasi Sungai Citarum yang selama ini menjadi salah satu sungai terpenting di Indonesia.

"Buku Citarum Harum merupakan dokumentasi informatif tentang upaya kita dalam mengubah wajah Sungai Citarum dari tercemar menjadi lebih bersih. Perubahan ini tidak akan terjadi tanpa kekuatan politik dari pemerintah yang kemudian diterjemahkan dalam rencana aksi," katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024). 

Lebih lanjut, buku ini mendokumentasikan upaya komprehensif dan transformatif sejak tahun 2018 arahan Presiden Joko Widodo. Selain itu, untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. 

"Keberlanjutan dalam menjaga Citarum memerlukan komando dan master plan yang dapat diterapkan juga pada DAS lainnya. Dengan peluncuran buku ini, kita memperkuat komitmen kita untuk terus melangkah maju,” ucap Luhut. 

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).