RRI

  • Beranda
  • Berita
  • BNPT Siaga Jaga Keamanan Pelaksanaan WWF di Bali

BNPT Siaga Jaga Keamanan Pelaksanaan WWF di Bali

21 Mei 2024 06:44 WIB
BNPT Siaga Jaga Keamanan Pelaksanaan WWF di Bali
Anggota BNPT sedang berkordinasi mengamankan jalannya penyelenggaraan WWF-10 Bali. BNPT RI memastikan penyelenggaraan kegiatan internasional WWF aman dan lancar. (foto: istimewa)

KBRN, Bali:  Sejauh ini penyelenggaraan kegiatan internasional WWF-10 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali berjalan lancar dan aman. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo,di Nusa Dua, Senin (20/5/24).

Menurutnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI memastikan penyelenggaraan kegiatan internasional WWF-10 aman dan lancar.   Pihaknya terus melakukan penguatan di bidang intelijen, asesmen objek vital, pengamanan lingkungan dan melaksanakan berbagai kegiatan pada daerah penyangga.

"Untuk meminimalisir potensi gangguan keamanan semua dilakukan baik dari penguatan intelijen melaksanakan penggalangan sejumlah eks narapidana terorisme. Serta kelompok-kelompok yang dianggap memiliki potensi mengganggu kelancaran penyelenggaraan acara World Water Forum-10" kata Mayjen Roedy.

Selain mendukung sektor pengamanan, BNPT secara terus menerus melakukan pemantauan  media sosial yang menjadi kanal penyebaran opini negatif. Karena menurutnya Medsos bisa menjadi propaganda dan dapat mempengaruhi kelancaran kegiatan WWF-10.

"BNPT memantau terus keadaan di medsos yang kerap menjadi kerawanan dalam menyetir berbagai opini yang tidak bertanggung jawab.  Penyebaran berita bohong atau hoaks, dan agitasi atau propaganda yang mengarah kepada penyelenggaraan acara," ucap Roedy Widodo.

Roedy juga menyampaikan bahwa BNPT turut aktif dalam melakukan koordinasi kepada pihak terkait di tingkat pusat maupun wilayah.   Selain itu Ia berkoordinasi dengan aparat TNI/POLRI, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan lembaga terkait.

Ia  menilai, salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pengamanan acara WWF-10 akan menjadi salah satu pembuktian Indonesia aman. Serta mampu menyelenggarakan kegiatan internasional dengan sebaik-baiknya.

"Terselenggara-nya acara dengan aman, nyaman, dan tertib tentu menjadi tolak ukur keberhasilan acara ini. Mesti demikian, Roedy  mengingatkan peran aktif masyarakat menjadi poin penting bahwa semua elemen harus ikut menjaga ketertiban.

Kepatuhan terhadap hukum sebagai sebuah kesuksesan bersama yang nantinya menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.   Selalu mampu menyelenggarakan acara berkelas internasional dengan sebaik-baiknya.

Pewarta: Nurana Diah Dayanti
Editor: witokaryono
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).