TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Presiden Sri Lanka

Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Presiden Sri Lanka

20 Mei 2024 16:13 WIB
Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Presiden Sri Lanka

TVRINews, Nusa Dua

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe di sela-sela World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Bali pada Senin, 20 Mei 2024. 

Pertemuan tersebut menandai momen penting dalam hubungan bilateral kedua negara.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kehadiran Wickremesinghe pada Forum Air Sedunia ke-10. 

“Saya juga menghargai dukungan Sri Lanka terhadap deklarasi menteri yang akan diadopsi pada forum ini,” kata Jokowi, Senin, 20 Mei 2024.

Sementara itu, Wickremesinghe menyampaikan penghargaannya atas undangan Jokowi dan menegaskan kedekatan hubungan historis antara Indonesia dan Sri Lanka, yang telah berlangsung sejak era Konferensi Asia Afrika di Bandung. Ia juga mengapresiasi upaya Jokowi dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Sri Lanka.

“Saya datang ke sini juga untuk mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Anda lakukan untuk hubungan Sri Lanka dan Indonesia,” ucapnya.

Di samping itu, Wickremesinghe menekankan pentingnya kerja sama di bidang pengelolaan sumber daya air dan menyatakan komitmennya terhadap deklarasi menteri yang diusulkan dalam forum tersebut. Ia juga mengapresiasi upaya Indonesia dalam memperkuat hubungan bilateral dan berbagi pandangan tentang pentingnya meningkatkan sumber daya melalui blended finance, sebuah inisiatif yang Indonesia dukung.

Pertemuan ini tidak hanya mengukuhkan hubungan kedua negara tetapi juga memperkuat dialog regional mengenai isu-isu penting seperti pengelolaan sumber daya air, yang krusial bagi kedua negara dan wilayah secara luas.

Wickremesinghe menyatakan rasa terima kasihnya atas kepemimpinan Indonesia dalam menyelenggarakan forum penting tersebut dan berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam dialog dan kerja sama regional di masa mendatang.

“Kami mengapresiasi World Water Forum dan dengan latar belakang ini kami datang ke sini untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak yang sangat penting bagi Sri Lanka,” tuturnya.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).