TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • 'Bali Street Carnival', Parade Seni Budaya Sejumlah Sanggar Seni Khas Bali

'Bali Street Carnival', Parade Seni Budaya Sejumlah Sanggar Seni Khas Bali

20 Mei 2024 17:25 WIB
'Bali Street Carnival', Parade Seni Budaya Sejumlah Sanggar Seni Khas Bali

TVRINews, Denpasar 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka dan memulai parade atau arak-arakan berbagai jenis atraksi seni budaya yang ditampilkan oleh sejumlah pelaku seni dari berbagai sanggar seni budaya yang ada di Bali yang berlangsung di Bali Collection Area, ITDC Nusa Dua, Bali, Senin 20 Mei 2024.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna melengkapi kenangan yang indah bagi para Delegasi atau Tamu Kenegaraan dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di tahun 2024.

"Atas arahan dari bapak Presiden untuk melengkapi kenangan yang indah bagi para peserta di Word Water Forum ke-10 di tahun 2024, Bersama dengan Pemprov Bali kami berkolaborasi agar arak-arakan dan prosesi berbagai jenis atraksi seni budaya kita lengkapi, dalam WWF 2024 dengan tema 'Samudra Cipta Peradaban' untuk upaya pemulihan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta," ucap Sandiaga Uno. 

Pada kesempatan tersebut, Ia juga turut menyampaikan bahwa forum WWF 2024 merupakan Forum internasional terbesar yang difokuskan untuk membahas isu-isu terkait Air secara global. 

"ini adalah forum internasional terbesar yang membahas tentang isu-isu air secara global dan tadi mengutip pak Presiden World Water Council, Presiden World Water Council Loïc Fauchon bahwa penyelenggaraan di Bali ini adalah penyelenggaraan yang terbaik," tambahnya. 

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengungkapkan bahwa sebelumnya para delegasi WWF 2024 juga telah dihibur dengan pelaksanaan upacara adat Segara Kerti di Kura-kura Bali, pada Sabtu (18/5/2024) kemarin. Dan sejumlah delegasi turut menyampaikan kekagumannya terkait dengan seni budaya yang terdapat di Indonesia

"Mereka sudah dihibur dengan 'Segara Kerti' pada saat itu dan semua mendapat tanggapan yang sangat luar biasa, oleh karena itu mari kita awali prosesi dari Samudra Cipta Peradaban hari ini dan atas nama pemerintah Republik Indonesia maka saya nyatakan Bali Street Carnival dibuka," pungkasnya. 

Sebelumnya diketahui bahwa yang melatarbelakangi disiapkannya karnaval sore hari ini, karena Presiden Jokowi ingin rangkaian acara World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 tak hanya dilakukan di dalam ruangan saja, tetapi ia ingin agar para delegasi bisa lebih mengenal budaya Bali.

"Pak Presiden menginginkan bahwa di dalam World Water Forum ini bukan hanya kita di dalam ruangan berdiskusi mengenai masa depan pengelolaan air dunia, tapi ada kesempatan mereka mengenal budaya Bali," tandasnya.

Nantinya, konsep dari karnaval tersebut akan ditampilkan seperti street carnival, di mana nantinya parade kesenian Bali itu akan berjalan melewati Bali Collection.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).