TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia Komitmen Promosikan Investasi Hijau Dukung Investor

Indonesia Komitmen Promosikan Investasi Hijau Dukung Investor

21 Mei 2024 00:12 WIB
Indonesia Komitmen Promosikan Investasi Hijau Dukung Investor

TVRINews, Nusa Dua

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) meyakinkan para investor mengenai komitmen pemerintah untuk mempromosikan pendekatan win-win terhadap investasi hijau yang dapat mendukung kepentingan investor, yang juga memenuhi kebutuhan sosial-lingkungan.

Indonesia telah menetapkan target ambisius untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 31,89 persen pada tahun 2030 dari data baseline tahun 2010, dengan memanfaatkan sumber daya nasional. Sementara dengan dukungan internasional, target ini meningkat menjadi 41,2 persen. Hal ini menunjukkan pendekatan Indonesia dalam memerangi perubahan iklim dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Presiden RI Tekankan Tiga Hal pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

“Keberlanjutan merupakan inti dari perjalanan energi hijau Indonesia. Dengan memanfaatkan sumber daya terbarukan yang kita miliki, goal kita bukan hanya untuk memenuhi target emisi tetapi juga untuk memposisikan Indonesia sebagai pemimpin dalam teknologi energi terbarukan. Untuk mewujudkan visi ini, pemerintah memikul tanggung jawab yang besar untuk menarik investasi yang sesuai dengan potensi ekonomi dan komitmen iklim Indonesia,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, Senin, 20 Mei 2024.

Indonesia merupakan rumah bagi sumber mineral penting (critical mineral) yang melimpah yang merupakan kunci untuk memenuhi permintaan energi terbarukan global yang terus meningkat, serta produksi teknologi transisi energi. Pemanfaatan mineral di dalam industri hilirisasi juga dapat meningkatkan daya saing Indonesia sebagai pusat teknologi energi terbarukan.

“Saat ini, transisi menuju energi bersih sedang terjadi, namun beberapa wilayah masih menghadapi risiko tertinggal, kecuali jika kita dapat meningkatkan sumber daya manusia serta penelitian dan inovasi dalam isu-isu keberlanjutan, yang nantinya akan dapat menarik investasi hijau yang tepat untuk pasar negara berkembang,” ucap Rachmat.

Baca Juga: Kemenko Marves Luncurkan Buku ‘Citarum Harum’

Sejalan dengan agenda keberlanjutan ini, Kemenko Marves, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) akan menyelenggarakan Indonesia International Sustainability Forum (ISF) pada 5-6 September 2024 di Jakarta. 

Forum tersebut akan mempertemukan para pemimpin global dan pemangku kepentingan kunci untuk mempercepat transisi energi global dan mendorong kolaborasi internasional dalam isu-isu keberlanjutan. Perhelatan Indonesia International Sustainability Forum 2024 terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya dan pendaftarannya akan dibuka pada bulan Juni 2024.


Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).