RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PUPR: Tantangan Persoalan Air Besar Seiring Peningkatan Populasi

PUPR: Tantangan Persoalan Air Besar Seiring Peningkatan Populasi

21 Mei 2024 01:00 WIB
PUPR: Tantangan Persoalan Air Besar Seiring Peningkatan Populasi
Staf Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali dalam jumpa pers resmi Worl Water Forum (WWF) ke 10 di media center Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (20/5/2024). (Foto: RRI/Alfreds Tuter)

KBRN, Bali: Staf Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali menyebutkan tantangan persoalan air semakin besar. Sebab permintaan akan air di berbagai aspek kehidupan meningkat seiring dengan peningkatan populasi dunia.

"Dunia sedang dihadapkan pada situasi yang tidak biasa-biasa saja. Kita ada dalam situasi yang tidak normal sama sekali," ucapnya dalam jumpa pers resmi Worl Water Forum (WWF) ke 10 di media center Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (20/5/2024).

Firdaus menyebutkan United Nation (UN) mencatat penduduk kedelapan milyar sudah lahir. Artinya dunia harus berpikir untuk memenuhi kebutuhan air dan pangan 8 milyar jiwa tersebut.

Ia pun mengingatkan bahwa populasi ini akan terus meningkat, bahkan diperkirakan menyentuh 9,5 milyar di tahun 2050 mendatang. Ia menegaskan jumlah tersebut merupakan populasi manusia terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia.

Untuk itu, Ia berharap di akhir gelaran WWF ke 10 nanti menghasilkan solusi dan langkah kongkrit dalam mengatasi persoalan air. Sehingga solusi tersebut nantinya bisa langsung direalisasikan dan membuat pengelolaan air kedepan menjadi lebih baik.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Pessy
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).