RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Aktivis Lingkungan Sebut Sampah Tak Terpisah dari Air

Aktivis Lingkungan Sebut Sampah Tak Terpisah dari Air

20 Mei 2024 16:07 WIB
Aktivis Lingkungan Sebut Sampah Tak Terpisah dari Air
Aktivis lingkungan dari World Cleanup Day Indonesia, Andy Bahari (kanan) pada jumpa pers resmi WWF di media center Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, Senin (20/5/2024) (Foto: RRI/Charlie Lopulua)

KBRN, Bali: Aktivis lingkungan dari World Cleanup Day Indonesia, Andy Bahari, mengatakan pengelolaan sampah tidak dapat dipisahkan dari masalah air. Menurut dia, sampah yang menumpuk di sungai sangat mencemari air sebagai sumber kehidupan.

Hal itu disampaikan Andy pada acara World Water Forum 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). "Jadi, sampah dan air berhubungan sangat erat terkait pencemaran tersebut," ujarnya.

Andy menegaskan saat ini pengelolaan sampah belum berjalan maksimal. Hal itu terbukti dari banyaknya aksi buang sampah sembarangan yang viral di media sosial.

Menurut dia, perilaku pengelolaan sampah yang baik akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan air bersih di masa mendatang. Karena itu, Andy mengajak kaum muda Indonesia untuk aktif menerapkan gaya hidup membuang sampah secara bijak.

"Sehingga, keberlangsungan air akan terjaga dan bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup," ujarnya. World Cleanup Day Indonesia merupakan lembaga swadaya masyarakat yang kerap membersihkan sampah lingkungan, seperti di sungai.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).