RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Puan Soroti Studi Belanja Militer hingga US$2,4 Triliun

​Puan Soroti Studi Belanja Militer hingga US$2,4 Triliun

20 Mei 2024 15:30 WIB
​Puan Soroti Studi Belanja Militer hingga US$2,4 Triliun
Ketua DPR RI Puan Maharani saat melakukan wawancara dengan awak media di acara WWF Ke-10 2024, di Bali, Senin (20/5/2024). (Foto: Humas DPR RI)

KBRN, Bali: Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung, studi terbaru yang menunjukkan peningkatan signifikan belanja militer hingga mencapai US$2,4 triliun. Jumlah itu mencapai 2,3 persen PDB global pada tahun 2023.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, pengeluaran sektor air negera berkembang dan miskin hanya 0,5 persen dari PDB negaranya. Dengan data studi itu, menurutnya, banyak pihak terjebak dalam kondisi misalokasi sumber daya.

"Ini sungguh kontradiktif, ketika dunia dihadapkan pada ancaman luar biasa. Termasuk yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan kelangkaan air,” kata Puan dalam sambutannya sebagai wakil dari Inter-Parliamentary Union atau IPU (forum parlemen dunia) di acara High Level Meeting WWF Ke-10 2024, di Bali, Senin (20/5/2024).

Jika Parlemen dan pemerintah mampu meningkatkan pendanaan pengadaan air bersih, Puan meyakini, persoalan kelangkaan air akan dapat diselesaikan. Oleh karenanya, dia memastikan, komitmen parlemen dunia dalam menghadapi berbagai persoalan terkait air.

“Parlemen dengan teguh mendukung berbagai inisiatif untuk air dan melakukan realokasi sumber daya untuk ketahanan air. Parlemen siap memainkan peran sebagai institusi yang mewakili rakyat menyelesaikan persoalan air di level nasional maupun internasional,” ucap Puan.

Pada rangkaian WWF ke-10, menurut Puan, ada beberapa isu subtantif yang akan dibahas dalam pertemuan Parlemen dunia. Seperti bagaimana air sebagai pemecah kesepakatan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

"Mengingat permasalahan air menjadi salah satu agenda dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Komitmen parlemen terhadap agenda air sangat kuat, isu air akan menjadi prioritas Parlemen di dalam negeri maupun melalui diplomasi Parlemen,” ujar Puan.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).