RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sukseskan WWF Ke-10, BNPB Operasikan Teknologi Modifikasi Cuaca

Sukseskan WWF Ke-10, BNPB Operasikan Teknologi Modifikasi Cuaca

20 Mei 2024 12:00 WIB
Sukseskan WWF Ke-10, BNPB Operasikan Teknologi Modifikasi Cuaca
Proses penyemaian Natrium Chlorida (NaCL) dalam proses operasi TMC di wilayah Bali, Minggu (19/5/2024). (Foto: BNPB)

KBRN, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Bali. Hal ini untuk mensukseskan perhelatan World Water Forum (WWF) Ke-10 Tahun 2024.

Operasi TMC ini dilakukan sejak 18-20 Mei 2024 dengan menebar total bahan semai Natrium Chlorida (NaCL) sebanyak 6.000 kilogram (kg) di langit Pulau Dewata. Di mana dengan rincian hari pertama 2.000 kg dan hari kedua 4.000 kg. 

“Operasi TMC ini menargetkan awan potensial. Misalnya, seperti pertumbuhan awan Cumulus Congestus yang dapat mencapai area target,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Senin (20/5/2024).

Adapun, Pesawat berjenis Cessna Caravan 208B dengan registrasi PK-SNM ini melakukan operasi TMC penyemaian di sekitar wilayah Provinsi Bali. Baik di bagian Utara, Tengah, dan Timur serta Lombok Utara untuk menghalau awan potensial mencapai area target. 

Penyemaian ini bekerja sama dengan BMKG, BRIN dan unsur lainnya. Di mana bertujuan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem selama WWF ke-10 di Provinsi Bali. 

“Untuk operasi hari ini (20/5/2024)) direncanakan akan dilakukan penyemaian di areal perairan Bali dan NTB. Diharapkan dengan adanya operasi TMC ini, dapat turut mensukseskan acara WWF dengan melakukan mitigasi dan mengantisipasi potensi risiko bencana,” ujarnya.


Pewarta: Iman
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).