RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Indonesia Dinobatkan jadi Ibu Kota Perairan Dunia

Indonesia Dinobatkan jadi Ibu Kota Perairan Dunia

20 Mei 2024 13:10 WIB
Indonesia Dinobatkan jadi Ibu Kota Perairan Dunia
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden World Water Council Loic Fauchon (tengah) sebelum pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Nova Wahyudi/tom.

KBRN, Jakarta: President of the World Water Council Loic Fauchon menobatkan Indonesia menjadi Ibu Kota Perairan Dunia. Tak hanya itu, Bali bahkan menjadi pusat air dunia selama perhelatan World Water Forum (WWF) 2024. 

"Ya, Indonesia adalah Ibu Kota Perairan Dunia. Bahkan, Bali menjadi pusat air dunia selama minggu ini," kata Fauchon dalam sambutannya di Bali, Senin (20/5/2024). 

Fauchon menyampaikan terima kasihnya kepada Indonesia karena telah mempersiapkan forum dunia tersebut dengan baik dan ramah.  Fauchon mengatakan, forum ini membawa peran sebagai Water Messenger atau Duta Air yang diperkuat oleh 148 negara. 

"Presiden Joko Widodo mengabulkan permintaan saya, pada saat itu G20 untuk menjadi Water Messenger. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," ucap Fauchon. 

Meski demikian, lanjut dia, peran sebagai Water Messenger saja tidak cukup. Sehingga dia mendorong, seluruh pemangku kebijakan dapat mempengaruhi masyarakat untuk memperbanyak inovasi, pendanaan, dan tata kelola air lebih baik. 

"Para utusan, yang tentu saja para pejuang harus berjuangsecara damai. Bahkan, berjuang demi perdamaian air untuk keamanannya, untuk kemakmuran," kata Fauchon. 

Fauchon berharap, peran Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan WWF 2024 dapat menjadi penanda perubahan. Khususnya menuju tindakan nyata pada tata kelola air secara global. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).