RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Stafsus PUPR: Indonesia Tekankan Pentignya Peran Air dalam Kehidupan

Stafsus PUPR: Indonesia Tekankan Pentignya Peran Air dalam Kehidupan

20 Mei 2024 12:41 WIB
Stafsus PUPR: Indonesia Tekankan Pentignya Peran Air dalam Kehidupan
Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali saat memberikan penjelasan kepada media terkait dengan peran Indonesia di WWF 2024 di media center BNDCC, Senin (20/5/2024). (Foto:rri.co.id/Charlie Lopulua

KBRN, Denpasar: Indonesia ingin menekankan peran penting air dalam kehidupan semua makhluk hidup. Hal ini disampaikan Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali.

Untuk itu, World Water Forum Ke-10 ini harus dijadikan momentum untuk kepentingan air. Mengingat berbagai tantangan air global seperti kelangkaan, pencemaran, dan bencana alam akibat perubahan iklim.

“Kami harapkan pertemuan ini akan menjadi pertemuan monumental untuk mentransformasi semua kebijakan. Untuk kita bersama-sama menyongsong masa depan membuat air menjadi sumber kehidupan, pertumbuhan, kedamaian, bukan menjadi sumber bencana,” ucap Firdaus.

Firdaus menambahkan, bahwa forum di Bali ini merupakan forum penting untuk mempertemukan para pemimpin negara. Serta pemangku kebijakan lainnya untuk mencari solusi atas permasalahan air global.

"Masalah air telah menjadi isu utama dalam berbagai acara dan deklarasi internasional, termasuk tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Tujuan ini harus dicapai pada tahun 2030," ucapnya.

Salah satu tujuan dalam SDGs yang diadopsi oleh PBB pada 2015 adalah menjamin ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. “(Masalah air) ini bukan masalah negara kaya dan negara miskin, karena air tidak mengenal masalah administrasi,” kata Firdaus.


Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).