RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Elon Musk: Krisis Ketersediaan Air Global Dapat Diatasi

Elon Musk: Krisis Ketersediaan Air Global Dapat Diatasi

20 Mei 2024 12:47 WIB
Elon Musk: Krisis Ketersediaan Air Global Dapat Diatasi
CEO Tesla Inc. dan SpaceX, Elon Musk, berpidato padapembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (20/5/2024) (Foto: Antara/Media Center World Water Forum 2024/Aprillio Akbar/nym)

KBRN, Jakarta: CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, merasa optimistis jika krisis ketersediaan air global dapat diatasi. Menurut dia, yang harus dipikirkan saat ini adalah bagaimana proses pengolahan air tersebut.

Demikian disampaikan pengusaha asal Amerika Serikat (AS) itu pada pembukaan World Water Forum 2024 di Bali, Senin (20/5/2024). "Krisis air tidak dapat diselesaikan, konsumsi air sangat tinggi, dan tidak akan sebaik dulu," ujarnya. 

Namun, lanjut Elon, hal ini sangat bisa dipecahkan. Menurut dia, efisiensi desalinasi menjadi salah satu solusi khususnya dalam penyelesaian krisis ketersediaan air. 

Desalinasi merupakan proses untuk menghilangkan kadar garam dari air sehingga menjadi bersih dan dapat dikonsumsi. Proses ini sebelumnya dinilai mahal dan memerlukan energi besar. 

Namun, Elon mengatakan hal ini dapat diterapkan secaran efektif dan murah jika memanfaatkan energi baru terbarukan dari matahari. "Kami terus melakukan terobosan dalam efisiensi desalinasi dan saya rasa kami sudah melakukannya," ujarnya. 

Elon menambahkan bahwa masa depan air di dunia tetap baik seperti halnya energi berkelanjutan. World Water Forum Ke-10 diselenggarakan Pemerintah Indonesia bersama World Water Council dengan tema "Air untuk Kesejahteraan Bersama". 

Pewarta: Pradipta
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).