RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Delegasi WWF Ke-10 Terpukau dengan Upacara Sagara Kerthi

Delegasi WWF Ke-10 Terpukau dengan Upacara Sagara Kerthi

19 Mei 2024 16:16 WIB
Delegasi WWF Ke-10 Terpukau dengan Upacara Sagara Kerthi
Prosesi upacara Segara Kerthi mengawali acara pembukaan World Water Forum 2024 di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024).

KBRN, Denpasar: Para delegasi World Water Forum Ke-10 terpukau dengan “Balinese Water Purification Ceremony”. Salah satunya adalah Louise Heegard dari DHI Water and Environment, sebuah perusahaan konsultan teknik dan pengembangan perangkat lunak asal Denmark. 

Louise Heegard yang baru pertama kali mengunjungi Bali terkesan dengan seluruh kegiatan khususnya upacara Sagara Kerthi. Hal ini menunjukkan masyarakat yang begitu menghargai segala unsur alam dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini sangat luar biasa, saya sangat happy bisa melihat (upacara) ini yang begitu menghormati alam," kata Louise. Sagara Kerthi merupakan tindakan terpuji untuk merawat dan menyucikan laut secara niskala. 

Laut selain sebagai sumber air juga merupakan habitat terluas dari makhluk hidup. Sehingga upacara ini digelar bertepatan dengan hari baik untuk memuliakan satwa yaitu Rahina Tumpek Uye.

Upacara ini bertujuan memohon anugerah agar laut tetap bersih dan lestari sehingga manusia hidup sejahtera dan bahagia. "Saya sangat cinta dengan upacara ini, dan semoga kekayaan budaya seperti ini dapat terus menjaga tempat (alam) ini selalu bersih," kata Louise.

Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).