RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Momen Basuki Jadi Fotografer di World Water Forum

Momen Basuki Jadi Fotografer di World Water Forum

19 Mei 2024 12:30 WIB
Momen Basuki Jadi Fotografer di World Water Forum
Aksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono ikut mengabadikan momen prosesi Segara Kerthi sebagai awal acara pembukaan World Water Forum 2024 di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024).(Foto: rri.co.id/Chaarly Lopulua)

KBRN, Nusa Dua: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kembali beraksi menjadi menjadi fotografer. Momen ini saat menghadiri rangkaian pembuka World Water Forum (KTT WWF) Ke-10 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali, Denpasar. 

Terlihat Basuki mengenakan udeng (ikat kepala) hitam dengan corak bordir emas, kemeja batik abu-abu, dan celana jeans biru. Tak ketinggalan, kamera berlensa panjang melekat kuat di tangannya. 

Dia sesekali memotret penampilan penari dan umat Hindu yang sedang bersembahyang saat prosesi Segara Kerthi dan Tumpek Uye. Aksi tersebut bukanlah pertama kali ia lakukan, di acara penting lainnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah terlihat menenteng kamera DSLR nya. 

Basuki yang juga Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara WWF ke-10 mengungkapkan, Bali memiliki kearifan lokal dalam memuliakan air. Ia menilai, tradisi penyucian terhadap sumber air itu selaras dengan helatan WWF sebagai pertemuan internasional sektor air terbesar di dunia. 

"(Ritual) ini bukan hanya show bagi orang luar (Bali), tapi sebuah upacara sesungguhnya bagaimana kita menyucikan air," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (17/5/2024).

Segara Kerthi adalah wujud rasa syukur serta menjaga harmonisasi alam dengan menyucikan air hingga sumber air. Ritual tersebut sekaligus untuk mendoakan agar penyelenggaraan WWF Ke-10 di Bali berjalan lancar dan sukses.


Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).