RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menkominfo: WWF Miliki Arti Penting atasi Pengelolaan Air

Menkominfo: WWF Miliki Arti Penting atasi Pengelolaan Air

19 Mei 2024 10:45 WIB
Menkominfo: WWF Miliki Arti Penting atasi Pengelolaan Air
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (tengah) dan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Tri Tharyat (kanan) serta Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong (kiri) terkait Persiapan World Water Forum ke-10 di ruang media center BNDCC, Minggu (19/5/2024). (Foto: rri.co.id/Chaarly Lopulua)

KBRN, Bali: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali memiliki arti penting. Pasalnya, WWF ini mendorong komitmen global untuk mengatasi tantangan pengelolaan air.

"WWF Ke-10 memiliki arti penting untuk mendorong komitmen global untuk mengatasi tantangan pengelolaan air. Sebagai negara kepulauan terbesar Indonesia memiliki peran strategis mendorong global untuk polistik, konferensi, dan inklusif," kata Budi di media center BNDCC Bali, Minggu (19/5/2024).

Secara khusus menurut Budi, meski di sejumlah wilayah masih dihadapkan dengan permasalahan air. Namun, hal itu diimbangi dengan upaya masyarakat mengatasi permasalahan yang ada dengan kreativitas lokal. 

“Terobosan banyak karena daerah di Indonesia yang mengatasi problematika air dengan kreativitas lokal dan dengan cara-cara kreatif. Itu akan dibicarakan di forum,” ucapnya. 

Budi memastikan, sebagai negara maritim, Indonesia secara serius mengelola laut dengan berkesinambungan dan terjaga. Hal itu dijelaskannya merujuk pada Indonesia yang dikenal memiliki 2/3 wilayah laut.

“Indonesia negara di dunia 2/3 wilayah Indonesia adalah air dalam pengertian laut, kita juga serius mengelola laut secara berkesinambungan dan terjaga. Seperti, kebersihan laut, sampah laut, perikanan dan Indonesia sebagai negara air maka ini isu penting,” ujar Menkominfo. 

Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).