ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Menkominfo jamin pelayanan bagi media di World Water Forum

Menkominfo jamin pelayanan bagi media di World Water Forum

19 Mei 2024 10:50 WIB
Menkominfo jamin pelayanan bagi media di World Water Forum
(ki-ka) Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Tri Tharyat saat konferensi pers di Media Center World Water Forum ke 10 di Badung, Bali, Minggu (19/5/2024). ANTARA/Kuntum Riswan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjamin pelayanan yang terbaik bagi hampir 800 wartawan lokal dan asing yang akan meliput penyelenggaraan World Water Forum ke 10 pada 18-24 Mei di Bali.

“Sudah menjadi kewajiban kami untuk menyediakan pelayanan yang terbaik bagi teman-teman media agar dapat meliput forum ini dengan optimal dan penuh kebahagiaan. Itu penting ya, bahagia, jangan lupa bahagia,” kata Menkominfo Budi saat konferensi pers di Media Center World Water Forum ke 10 di Badung, Bali, Minggu.

Menteri Budi menjelaskan bahwa penyelenggaraan World Water Forum 2024 memiliki arti penting dalam mendorong komitmen global untuk mengatasi tantangan pengelolaan air. Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki peran strategis untuk mendorong kolaborasi global dalam mengembangkan solusi holistik, komprehensif, dan inklusif.


Baca juga: Luhut ajak Elon Musk berkontribusi dalam rehabilitasi mangrove

Baca juga: Pemimpin negara sahabat tiba di Bali untuk World Water Forum ke-10


Lalu, sesuai dengan keputusan Presiden RI No. 13 tahun 2024, Kementerian Kominfo ditunjuk sebagai pengampu bidang komunikasi publik, Dokumentasi dan promosi dalam perhelatan World Water Forum 2024 yang membuat Kominfo bertanggung jawab terhadap kesejahteraan selama forum tiga tahunan itu berlangsung.

Kominfo mencatat jumlah media yang sudah mendaftar dan terverifikasi per 18 Mei 2024 pukul 17.00 WITA adalah sebanyak 220 media dengan total jumlah jurnalis yang sudah terdaftar dan terverifikasi sebanyak 790 jurnalis.

“Kami telah menyiapkan media center di BNDCC 2 (Bali Nusa Dua Convention Center 2) yang dapat menampung 800 jurnalis. Difasilitasi dengan area workstation, area conference space, one-on-one interview studio, ruang redaksi bersama internasional broadcast center, video village, media booth, serta dining dan relaxation area,” papar Budi.

Tidak hanya itu, Kominfo juga memberi dukungan dari sisi infrastruktur telekomunikasi dengan menggandeng operator telekomunikasi untuk menghadirkan kualitas jaringan telekomunikasi agar tetap prima selama kegiatan berlangsung.

Sedangkan dari segi konten dan diseminasi, Kominfo berkolaborasi dengan berbagai kementerian/lembaga, seperti Kemenko Maritim dan Investasi Kementerian PUPR, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Luar Negeri, Kantor Staf Presiden, hingga redaksi bersama yang menghasilkan siaran pers dalam bentuk berita foto, video, serta konten media sosial.
Seluruh berita dan konten tersebut dapat diakses melalui website media worldwaterforum.org dan worldwaterforumpedia yang informasinya selalu diperbaharui setiap hari.

“Selain itu kami juga berkontribusi melalui penayangan live maupun liputan melalui host broadcaster dan host photographer dalam berbagai event utama seperti Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali kemarin, Delegation Arrival di Bandara Ngurah Rai, Gala Dinner di GWK nanti malam, dan opening ceremony di BNDCC Nusa Dua,” ucapnya.

Baca juga: Menpar sebut okupansi hotel area World Water Forum Ke-10 penuh 

Baca juga: Presiden WWC: World Water Forum Ke-10 di Bali paling profesional

Baca juga: Presiden Jokowi dan delegasi WWF akan disambut kuliner khas Jatiluwih


Sumber: ANTARA

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).