RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Dewan Air Dunia: Indonesia Tuan Rumah Terbaik

Presiden Dewan Air Dunia: Indonesia Tuan Rumah Terbaik

19 Mei 2024 06:41 WIB
Presiden Dewan Air Dunia: Indonesia Tuan Rumah Terbaik
Prosesi upacara Segara Kerthi mengawali acara pembukaan World Water Forum 2024 di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024). Prosesi pemujaan dengan gelaran tarian sakral yaitu tari Topeng Panasar, Sang Hyang Jaran, Sang Hyang Dedari, Baris Cerkuak, Rejang Putri Maya, dan Tari Topeng Sidikarya sebagai pembersihan jiwa dan pikiran manusia secara spiritual. (Foto:rri.co.id/Chaarly Lopulua)

KBRN, Bali: Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon mengakui jika Indonesia mempersiapkan gelaran World Water Forum Ke-10 dengan sangat Baik. Bali selaku tuan rumah forum air terbesar di dunia itu dinilainya paling profesional dan efisien dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

“Sejak awal 30 tahun lalu, ini yang paling profesional, yang paling efisien yang pernah saya lihat,” kata Loic. Untuk itu, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Bali dan Indonesia.

Serta kepada seluruh tim yang telah menyiapkan forum yang diadakan tiga tahun sekali itu. “Saya yakin kegiatan sore ini upacara yang luar biasa,” katanya.

World Water Forum Ke-10 di Bali dikatakannya menjadi yang paling sukses dan menjadi kejayaan diplomasi bagi Indonesia. “Forum ini akan menjadi diplomatic victory untuk Indonesia,” katanya. 

Fauchon menambahkan, WWF ke-10 yang dihadiri oleh banyak perwakilan bangsa, budaya dan tradisi memiliki tujuan yang sama. Menurutnya, tujuan itu adalah pelestarian dan pengelolaan sumber daya air kita secara berkelanjutan. 

“Dan, sebagai momen yang khusyuk ini izinkan kami untuk menyadari sepenuhnya tanggung jawab kita. Yaitu, terhadap sumber daya penting ini dan komitmen kami terhadap generasi mendatang,” ucapnya. 

“Mari kita bekerja bahu membahu yntuk masa depan. Di mana setiap manusia memiliki akses terhadap air bersih yang aman.”

Fauchon mengharapkan, WWF Ke-10 di Indonesia  akan membuahkan hasil, untuk keputusan bijaksana dan efisien. Ia menambahkan, forum tersebut menjadi wadah berkumpul untuk membentuk masa depan dari sumber air yang berharga. 

“Ini suatu kehormatan yang sangat besar disambut di sini hari ini, saat kita berkumpul untuk berdiskusi dan membentuk masa depan. Yaitu, salah satu sumber daya paling berharga di planet kita,” ujar Presiden WWC.


Pewarta: Allan
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).