RRI

DPR-IPU Kolaborasi Bahas Krisis Air Dunia

18 Mei 2024 03:00 WIB
DPR-IPU Kolaborasi Bahas Krisis Air Dunia
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato penutupan masa sidang saat rapat paripurna ke-15 DPR masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Dalam rapat paripurna tersebut DPR mengesahkan calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2024-2029 serta mendengarkan pidato penutupan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.

KBRN, Jakarta: DPR RI bersama Forum Parlemen Dunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) akan menjadi tuan rumah dari Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum. Ketua DPR RI, Puan Maharani akan memimpin pertemuan antarparlemen membahas isu krisis air yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024 mendatang, di Nusa Dua, Bali.

“Sebagai tuan rumah kegiatan sidang, DPR RI berfokus untuk menyukseskan kegiatan Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum. Kesuksesan itu baik dari aspek penyelenggaraan maupun kesuksesan substansi dalam memperkuat tata kelola air bagi kesejahteraan rakyat,” kata Puan, Jumat (17/5/2024).

Perlu diketahui, agenda Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum dihadiri oleh 231 partisipan dari 49 negara. Termasuk beberapa ketua parlemen (speaker).

Acara khusus antarparlemen yang akan digelar pada tanggal 19-21 Mei 2024 ini merupakan bagian dari Sidang Forum Air Dunia ke-10. Di forum tersebut, Indonesia memeroleh kepercayaan sebagai tuan rumah.

Dijelaskan Puan, permasalahan air bersih turut menjadi agenda dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).  Oleh karenanya, ucap Puan, parlemen dunia di bawah IPU berkomitmen memperkuat wacana-wacana parlemen untuk membentuk sistem tata kelola air yang baru.

 

 

 

Pewarta: Syaiful Alam
Editor: Pessy
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).