RRI

  • Beranda
  • Berita
  • WWF Diharapkan Mampu Selesaikan Masalah Air untuk Pangan

WWF Diharapkan Mampu Selesaikan Masalah Air untuk Pangan

18 Mei 2024 10:43 WIB
WWF Diharapkan Mampu Selesaikan Masalah Air untuk Pangan
Koordinator Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan Ayip Said Abdullah dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Sabtu (18/5/2024) (Foto: RRI NET).

KBRN, Jakarta: Pelaksanaan World Water Forum (WWF) Ke-10 diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ketersediaan air untuk pangan. Koordinator Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan Ayip Said Abdullah mengatakan, persoalan harus diselesaikan dari hulu hingga hilir.

"Problem-problem besar yang ada di hulu. Seperti, hari ini daerah-daerah resapan air itu semakin terbatas," kata Ayip dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Sabtu (18/5/2024). 

Ayip melihat, kualitas Daerah Aliran Sungai (DAS), waduk, dan danau di sejumlah tempat di Indonesia semakin menurun. Sebab, banyak di antaranya mengalami sedimentasi.

"Belum lagi daerah resapannya semakin sedikit. Misalnya di daerah aliran sungai," ujarnya.

Di sisi lain, Ayip menyoroti banyaknya infrastruktur pengairan yang dibangun pemerintah, seperti bendungan. Ia menekankan infrastruktur tesebut harus dirawat dengan baik, sehingga tidak mengalami kekeringan.

Delegasi dari 132 negara peserta WWF akan menyoroti beberapa pokok bahasan. Di antaranya konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Pewarta: Iman
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).