RRI

Menteri PUPR Bahas Sumber Daya Air di Jenewa

20 Agustus 2023 14:27 WIB

KBRN, Jenewa: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berkunjung ke Jenewa, Swiss. Di sana Menteri bertemu para mitra bidang sumber daya air untuk persiapan World Water Forum (WWF) Ke-10 2024.

Pertemuan yang berlangsung pada Jumat (18/8/2023) dihadiri para pejabat Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UNECE) dan Pemerintah Swiss. Terutama yang relevan dengan pembahasan isu terkait sumber daya air melalui kerjasama bilateral maupun multilateral. 

Basuki mengatakan pertemuan ini sebagai pendahuluan Briefing Session WWF-10 yang akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2023. Sedangkan puncak acara WWF Ke-10 berlangsung di Bali pada 18 hingga 24 Mei 2024.

Menteri juga menyebutkan Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Stakeholder Consultation Meeting (SCM) Ke-2 pada 12-13 Oktober 2023 di Bali. "Kami menargetkan 800 peserta dari dalam dan luar negeri dapat hadir pada pertemuan tersebut," ujarnya. 

Menurut Basuki, SCM akan membahas isu sumber daya air terkini dan agenda forum, serta membentuk kelompok kerja. "Kami ingin ada hasil dan manfaat nyata bagi Indonesia dari penyelenggaraan World Water Forum," katanya.

Pada pertemuan pihak UNECE, Basuki mengusulkan yang mengusulkan kerja sama dalam pengelolaan danau. "Terutama yang terkait dengan penetapan World Lake Day sebagai salah satu resolusi Sidang Umum PBB," ujarnya.

Pewarta: Nurana Diah Dayanti
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).