TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Sahkan Rekapitulasi Suara Pilpres di Jawa Barat, Paslon Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan

KPU Sahkan Rekapitulasi Suara Pilpres di Jawa Barat, Paslon Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan

19 Maret 2024 18:29 WIB
KPU Sahkan Rekapitulasi Suara Pilpres di Jawa Barat, Paslon Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, Selasa, 19 Maret 2024. Terkait perolehan suara Pilpres, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Barat.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) serta jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 29.438.041 lembar.

"Bisa kita sahkan ya? Bismillah sah," kata Hasyim saat rapat pleno tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ummi Wahyuni mengungkapkan terkait penghitungan perolehan suara Pilpres bahwa pasangan Anies-Muhaimin mengumpulkan sebanyak 9.099.674 suara, pasangan Prabowo-Gibran sebanyak 16.805.854 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud 2.820.995 suara.

Dia menjelaskan jumlah pemilih yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Provinsi jawa Barat sebanyak 35.714.901 orang. Dari jumlah tersebut, pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 28.903.697 orang.

Kemudian ada sebanyak 230.154 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih tambahan (DPTb), serta ada 304.190 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih khusus (DPK).

"Jumlah pengguna hak pilih, laki-laki 14.278.730 orang, perempuan 15.159.311 orang, jumlah total 29.438.041 orang," jelas Ummi.

Berdasarkan rekapitulasi nasional hingga saat ini, KPU telah mengesahkan perolehan suara Pilpres pada 36 provinsi di tingkat nasional; yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat.

Selanjutnya, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Banten, Kalimantan Utara, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Bengkulu.

Kemudian, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, NTB, Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Papua Tengah dan Papua Barat Daya, Maluku dan Jawa Barat.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).