TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Proses Rekapitulasi Pemilu 2024 Diperkirakan Rampung Esok Hari

Proses Rekapitulasi Pemilu 2024 Diperkirakan Rampung Esok Hari

19 Maret 2024 19:59 WIB
Proses Rekapitulasi Pemilu 2024 Diperkirakan Rampung Esok Hari
Proses Rekapitulasi Pemilu 2024 Diperkirakan Rampung Esok Hari

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus melakukan proses rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, hingga hari ini, Senin 18 Maret 2024.

Anggota KPU RI, August Mellaz menyebut pihaknya akan memplenokan dua provinsi malam ini, yakni Papua Barat Daya dan Jawa Barat. Adapun Papua, Maluku, dan Papua Pegunungan itu dijadwalkan Selasa, 19 Maret 2024 besok. 

"Kalau melihat dari proses yang berlangsung saya kira tanggal 18 dan kemudian tanggal 19 akan bisa kita tuntaskan semua untuk tenggat terkait dengan rekapitulasinya, dan nanti baru kita bicarakan terkait dengan penetapan hasil secara nasional," kata Mellaz kepada wartawan termasuk tvrinews.com di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Senin. 

Pada kesempatan tersebut  Mellaz menyampaikan bahwa dalam dua hari ke depan, pihaknya akan merampungkan rekapitulasi Provinsi yang tersisa. Namun, Ia menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan penetapan hasil Pemilu 2024 lebih cepat dari 20 Maret.

"Untuk rekap, kan, kita masih fokus ke sana. Jadi, kalau penetapan nasionalnya belum untuk hari ini, ya," jelasnya.

Hingga saat ini, Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 masih diskors sementara setelah KPU merampungkan rekapitulasi hasil perolehan suara PPLN Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kemudian malam nanti dijadwalkan. Tadi rapat pleno diskors sampai pukul 20.30 WIB," ucapnya.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).