TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan Suara di Sulawesi Tengah 

Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan Suara di Sulawesi Tengah 

16 Maret 2024 14:01 WIB
Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan Suara di Sulawesi Tengah 
Prabowo-Gibran Ungguli Perolehan Suara di Sulawesi Tengah 

TVRINews, Jakarta

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-cawapres) nomer urut 2 yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli perolehan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. 

Hal tersebut disahkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Berdasarkan total keseluruhan suara sah di Sulteng sebanyak 1.798.650 suara, Pasangan Prabowo-Gibran meraup 1.251.313 suara kemudian, paslon nomor urut 1, Anies-Muhaimin mendapat 386.743 suara. Selanjutnya pasangan Ganjar-Mahfud MD dengan 160.594 suara.

"Bismillah sah," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asyari. 

Seperti diketahui, KPU telah melakukan rekapitulanasi nasional untuk luar negeri sebanyak 127 wilayah, tersisa Malaysia karena adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara, untuk rekapitulasi dalam negeri, KPU telah melakukan rekapitulasi di 31 Provinsi. Lalu saat ini tengah dilakukan proses rekapitulasi dua Provinsi selanjutnya masih terdapat lima provinsi yakni Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. 

Selain itu, masih ada pula satu PPLN yang belum melakukan rekapitulasi nasional, yakni PPLN Kuala Lumpur, lantaran harus melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) pada Minggu, 10 Maret 2024 lalu.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).