RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Soal Pilihan Pilpres, Wapres: Urusan Rahasia Saya

Soal Pilihan Pilpres, Wapres: Urusan Rahasia Saya

25 Januari 2024 19:10 WIB
Soal Pilihan Pilpres, Wapres: Urusan Rahasia Saya
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) saat menggelar konferensi pers usai memimpin Rapat Tingkat Menteri Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan, Kamis (25/1/2024) di Istana Wapres, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kanan). (Foto:RRI/Retno Mandasari)

KBRN, Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, pilihannya terhadap pasangan calon presiden, yang akan maju pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 merupakan rahasia. Oleh karena itu menurut Ma’ruf Amin, dirinya memposisikan netral sejak awal, terkait pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bertarung 14 Februari mendatang.

“Kan, saya bilang itu urusan rahasia saya, saya menyebutnya “amrun saksiyun qalbiyun”, itu urusan hati dan personal. Karena, itu dari sekarang saya memposisikan diri netral,” kata Wapres saat menggelar konferensi pers usai memimpin Rapat Tingkat Menteri Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan, Kamis (25/1/2024) di Istana Wapres, Jakarta Pusat.

“Perkara nanti pilihan saya, saya akan tuangkan nanti saja pada waktu tgl 14 Februari dan tidak boleh ada yang tahu.”

Ketika diminta tanggapan soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai, presiden boleh memihak salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ma’ruf Amin menyebut, dirinya tidak ada perbedaan dengan Presiden Joko Widodo.

“Saya kira soal preesiden, saya kira sudah jelas aturannya boleh, ada yang tidak setuju, ada yang setuju. Silakan saja nanti urusannya itu publik saja dan saya kira ga ada masalah ya,” kata Wapres. 

“Ini bukan perbedaan dengan presdien, memang presiden sudah menyatakan seperti itu, dan saya memang tetap netral.” 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan presiden boleh memihak dan berkampanye dalam pilpres. Yaitu, selama mengikuti aturan waktu kampanye dan tidak menggunakan fasilitas negara. 


Pewarta: Jayanti Retno Mandasari
Editor: Bara
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).