RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Ingatkan Pemasangan APK Pemilu Harus Perhatikan Keselamatan

KPU Ingatkan Pemasangan APK Pemilu Harus Perhatikan Keselamatan

20 Januari 2024 11:00 WIB
KPU Ingatkan Pemasangan APK Pemilu Harus Perhatikan Keselamatan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat memberikan sambutan di acara debat capres-cawapres Pilpres 2024, di Jakarta (Foto: Dokumentasi/RRI/Charlie Rainhard).

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengingatkan, Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2024 harus dipasang berlandaskan asas keselamatan. Peringatan ia sampaikan untuk menanggapi pemberitaan tentang adanya masyarakat tertimpa APK yang jatuh. 

"(APK) boleh dipasang, tetapi harus menjadi kesadaran bersama adalah aspek estetika, keamanan, keselamatan. Para pihak yang potensial kena masalah atau kena musibah kalau misalkan alat peraga tiba-tiba ambruk, jatuh, melintang jalan," katanya  dalam keterangan pers, Sabtu (20/1/2024).

Hasyim menegaskan, peserta Pemilu harus mengikuti aturan yang diterapkan oleh pemerintah daerah. Sehingga, para peserta Pemilu bisa menghindari hal-hal yang merugikan masyarakat, maupun dirinya pribadi.

"Apakah aturannya menggunakan aturan daerah. Apakah peraturan kepala daerah masing-masing, tempat tempat yang diperbolehkan," ucap Hasyim.

Ia menekankan, KPU tidak bisa menentukan salah atau tidaknya pemasangan APK yang mencelakai masyarakat. Sebab, persoalan tersebut bukanlah ranah atau kewenangan KPU.

"Bagaimana mekanismenya, apakah peringatan? Itu ada di Bawaslu dan juga pemerintah daerah setempat," ujar Hasyim. 



Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).