RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Bawaslu Antisipasi Proses Sortir Lipat Surat Suara Jayapura

​Bawaslu Antisipasi Proses Sortir Lipat Surat Suara Jayapura

20 Januari 2024 14:05 WIB
​Bawaslu Antisipasi Proses Sortir Lipat Surat Suara Jayapura
Anggota Badan Pengawas Pemilu RI Devisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenti saat melakukan pemantauan langsung proses pelipatan dan penyortiran di Gudang Logistik KPU Kabupaten Jayapura, Puspenka Hawai, di Sentani, Jumat (19/1/2024). (Foto: ANTARA/HO-Humas KPU Kabupaten Jayapura)

KBRN, Jakarta: Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mewanti-wanti, proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Jayapura, Papua. Bawaslu mengharapkan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Kabupaten Jayapura berlangsung aman dan lancar.

“Logistik itu mendesak sama seperti daftar pemilih tetap (DPT), kalau tidak akurat, potensi orang tidak memilih itu besar. Begitu pula dengan logistik, kalau tidak melakukan proses ini dengan baik, bisa menghalangi orang untuk memberikan hak politiknya,” kata Lolly dalam keterangan persnya, Sabtu (20/1/2024).

Atas dasar itulah, Lolly menegaskan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu jangan sampai adanya kesalahan fatal. Terlebih, tahapan dan jadwal yang telah disusun KPU Kabupaten Jayapura.

“Perlu diperhatikan KPU dan Bawaslu Kabupaten Jayapura untuk pelipatan surat suara ini. Bisa diselesaikan tepat waktu pada 20 Januari 2024,” ucap Lolly.

Kemudian, Lolly mengaku, mendapat informasi sekitar 100 koli yang harus diselesaikan para tenaga sortir dan lipat, Jumat (19/1/2024). Baik itu, surat suara DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten.

“Saya mendapatkan laporan bahwa dalam proses ini ada surat suara yang rusak, cacat karena ada becak titik tinta. Di dalam kolom nama, sehingga kalau mengacu kepada petunjuk teknis itu masuk kategori surat suara rusak,” ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).