RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​TKN Sebut Prabowo-Gibran akan Kencangkan Program Hilirisasi

​TKN Sebut Prabowo-Gibran akan Kencangkan Program Hilirisasi

21 Januari 2024 10:44 WIB
​TKN Sebut Prabowo-Gibran akan Kencangkan Program Hilirisasi
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka dalam acara debat kedua capres-cawapres di Jakarta. (Foto: TKN Prabowo-Gibran)

KBRN, Jakarta: TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menegaskan, memiliki program andalan dalam memanfaatkan sumber daya alam Indonesia. Program andalan tersebut, bakal dilontarkan Cawapres Gibran dalam debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024.

Jubir TKN Prabowo-Gibran, Herman Khaeron mengatakan, jagonya bakal mengencangkan program hilirisasi yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terlebih, saat ini sudah ada 21 hilirisasi komoditas di Indonesia.

"Sebagai pusat energi dunia, kita sudah memulai untuk Hilirisasi ya, bukan hanya kepada bahan baterai. Hilirisasinya diolah di dalam negeri, sehingga memiliki nilai tambah," kata Herman saat berbincang dengan PRO3 RRI, Minggu (21/1/2024).

Dengan adanya hilirisasi, Herman meyakini, taraf hidup masyarakat Indonesia akan meningkat. Karena, nilai sumber daya alam ketika di olah sendiri memiliki nilai jual tinggi saat dijual ke luar negeri.

"Tentunya menjadi sumber kemakmuran masyarakat, kemudian terkait dengan pembangunan berkelanjutan tentu ada kaidah-kaidah. Bagaimana perhatian terhadap lingkungan hidup ini kan ada kaidah-kaidahnya," ucap Herman.

Lalu, Herman juga menyoroti, persoalan ketahanan pangan yang saat ini sedang dipersiapkan pemerintah melalui program food estate. Program tersebut dinilainya, merupakan keberanian pemetintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Mungkin saja dipertanyakan terkait dengan food estate misalkan. Food estate sebenarnya adalah keberanian pemerintah dalam membuka lahan ratusan ribu hektar tiap tahun," ujar Herman.

Diketahui, debat keempat untuk cawapres diselenggarakan hari ini, Minggu (21/1/2024), pukul 19.00 WIB. Pelaksanaan debat tersebut, dilakukan di JCC Senayan, Jakarta.

Tema dari debat keempat ini adalah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup. Kemudian, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).