RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polisi: Rekayasa Lalin saat Debat Cawapres Bersifat Situasional

Polisi: Rekayasa Lalin saat Debat Cawapres Bersifat Situasional

21 Januari 2024 11:23 WIB
Polisi: Rekayasa Lalin saat Debat Cawapres Bersifat Situasional
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat menjelaskan pengamanan acara debat cawapres (Foto : Humas Polres Metro Jakpus)

KBRN, Jakarta: Rekayasa lalu lintas di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan saat debat cawapres malam nanti dilakukan secara situasional. Hal ini disampaikan, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. 

“Kita nanti melihat dinamika situasi di lapangan untuk penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. Kita juga tidak ingin masyarakat yang beraktivitas di GBK tidak terganggu,” kata Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi, Minggu (21/1/2024). 

Lebih lanjut, Susatyo mengatakan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat capres-cawapres keempat di Pilpres 2024. Acara ini digelar di JCC Senayan yang berada di dalam Kawasan Stadion GBK Senayan. 

“Oleh karenanya, arus lalu lintas masih normal karena polisi masih membuka jalan sekitar GBK. Kita turunkan sebanyak 2.292 personel gabungan untuk mengamankan acara nanti malam,” ucap Susatyo. 

Susatyo mengatakan, personel gabungan terdiri dari TNI, Polda Metro Jaya, Mabes Polri. Kemudian, personel Polres Metro Jakarta Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

“Personel pengamanan ditempatkan di Ring 1 Area Debat, ruang "holding" pasangan calon, tamu VIP dan undangan. Kemudian pengamana di Ring 2 yang berada di sekitar pintu masuk JCC, lobi, ruang media dan area simpatisan non undangan, serta di Ring 3 pada sektor terluar pintu 5, 7, 8, 9, 10 GBK hingga di kantong -kantong parkir,” ucap Susatyo.

Menurut Susatyo, KPU telah membuat tata tertib dan aturan pada acara debat cawapres. Dimana KPU membatasi jumlah para pendukung dan hanya tamu undangan yang dapat undangan khusus yang diperbolehkan masuk. 

"Dalam pelaksanaan pengamanan, kami tekankan kepada seluruh anggota agar melaksanakannya dengan persuasif. Serta melayani dan humanis," kata Susatyo.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Allan
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).