RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Energy Watch Imbau Cawapres Bahas Isu Energi Strategis

Energy Watch Imbau Cawapres Bahas Isu Energi Strategis

21 Januari 2024 16:30 WIB
Energy Watch Imbau Cawapres Bahas Isu Energi Strategis
Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga, pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Minggu (21/1/2024)(Foto: Tangkapan Layar RRI Net)

KBRN, Jakarta: Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga, meminta para cawapres membahas isu strategis di bidang energi. Hal itu disampaikannya pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Minggu (21/1/2024). 

"Energi merupakan bahan bakar negara untuk mencapai manusia, lingkungan, dan ekonomi yang lebih baik," ujarnya. Seperti diketahui, soal energi menjadi salah satu tema pada debat cawapres yang berlangsung pada Minggu (21/1/2024). 

Karena itu, para cawapres perlu membahas permasalahan ini secara strategis. Misalnya program pengembangan, tantangan yang dihadapi, perbaikan, dan jalan keluar dari permasalahan saat ini.

Terkait hal tersebut, Daymas mengatakan ada empat isu yang perlu menjadi perhatian bersama. Pertama, komitmen Indonesia untuk mencapai tingkat emisi nol (net zero emission) pada tahun 2060. 

Kedua, menyelesaikan permasalahan oversupply PLN terkait percepatan transisi energi di Indonesia. "Kalau tidak diatasi, transisi energi tidak berjalan sesuai road map yang telah dirancang," ujarnya.

Ketiga, hilirisasi untuk meningkatkan nilai sumber daya alam Indonesia. Keempat, strategi subsidi energi seperti BBM dan gas elpiji 3 kilogram agar tepat sasaran. 

Menurut Daymas, dari keempat isu tersebut nantinya akan ada turunan lainnya. "Misalnya soal pajak karbon atau dan sebagainya," katanya, menutup pembicaraan.

Pewarta: Vinta
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).