RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Berdayakan 640 Warga Tangerang Lipat Surat Suara

KPU Berdayakan 640 Warga Tangerang Lipat Surat Suara

12 Januari 2024 19:55 WIB
KPU Berdayakan 640 Warga Tangerang Lipat Surat Suara
Suasana pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang KPU Kota Tangerang yang melibatkan warga sekitar. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

​KBRN, Tangerang: Sebanyak 640 warga Kota Tangerang diberdayakan oleh KPU dalam melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024. Seluruhnya terbagi dua shiff demi kelancaran pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan salah satu langkah yang dilakukan mempersiapkan Pemilu ialah dengan melibatkan masyarakat. "Untuk memaksimalkan penyelenggaraan Pemilu 2024, kami turut melibatkan masyarakat dalam pelipatan surat suara," ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Lebih lanjut, Qori menjelaskan, terdapat 400 orang yang menjadi tenaga sortir lipat di gudang satu, Kecamatan Benda. Serta 200 orang yang terlibat berada di gudang dua, Kecamatan Periuk, untuk tenaga bongkar muat barang keterlibatan 40 orang warga.

"Ratusan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut akan melakukan pelipatan sebanyak 6.961.330 surat suara. Seluruhnya yang diberdayakan adalah masyarakat sekitar," kata Qori.

Dia menegaskan, seluruh masyarakat yang terlibat dipastikan aman dan memiliki tanggung jawab. Bahkan, dalam pengawasan dan kontrol dari KPU dan Bawaslu Kota Tangerang.

Saat ini, lanjutnya, KPU Kota Tangerang telah menyelesaikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI, DPRD provinsi/kota dan pemilihan presiden/wakil presiden. Masyarakat juga akan diajak melakukan perakitan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024 nanti.

"Bagi tenaga sortir lipat surat suara DPR/DPRD diberikan upah Rp500 setiap lembarnya. Lalu untuk surat suara DPD diberikan Rp400 per lembar dan untuk surat suara presiden Rp300 per lembarnya," ujar Qori.​

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Beri
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).