ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Generasi Perintis ajak Ganjar diskusi pembangunan bangsa di Pos Block

Generasi Perintis ajak Ganjar diskusi pembangunan bangsa di Pos Block

12 Januari 2024 19:20 WIB
Generasi Perintis ajak Ganjar diskusi pembangunan bangsa di Pos Block
Pendiri Generasi Perintis M. S. Mujab bersama sejumlah anggotanya berdialog dengan media di Jakarta, Jumat (12/1/2023). (ANTARA/HO-PDI Perjuangan)

Komunitas pemberdayaan anak muda yang tergabung dalam Generasi Perintis mengajak capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo untuk berdiskusi membahas arah pembangunan Indonesia di Pos Bloc, Jakarta, pada Minggu (14/1).

"Kami mengundang sekaligus menantang capres nomor urut 3, Bapak Ganjar Pranowo, untuk datang dan kemudian berdiskusi dengan kami, Generasi Perintis, untuk mencari titik temu arah pembangunan Indonesia yang lebih terbuka," kata pendiri atau founder Generasi Perintis M. S. Mujab usai menghadiri deklarasi dukungan ulama dan kiai kampung DKI Jakarta di Jakarta, Jumat.

Mujab menuturkan diskusi yang akan dihadiri sekitar 1.000 anggota Generasi Perintis dari berbagai daerah tersebut akan mengangkat beberapa isu berkaitan dengan anak muda.

Salah satu isu yang akan dibahas dalam diskusi itu ialah soal kesempatan bagi masyarakat dari keluarga biasa dan memiliki berbagai macam keterbatasan dalam mengakses berbagai hal yang dibutuhkan.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud aktif bangun komunikasi dengan anak muda 

Mujab menilai sosok Ganjar memiliki setidaknya dua kesamaan dengan apa yang menjadi nilai dan semangat pemuda yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Kesamaan itu ialah Ganjar yang lahir dari keluarga bukan dari kekuasaan tinggi dan tumbuh di desa.

"Sehingga, harapannya, ini bisa menjadi inspirasi bagi Generasi Perintis di seluruh Indonesia. Kemudian, dari isu yang sudah dikumpulkan tadi telah melakukan kodifikasi dengan visi dan misi kandidat capres-cawapres. Jadi, kami sudah menganalisis visi dan misi yang ada dari tiga pasangan calon; dan kami menemukan berbagai macam permasalahan itu terjawab oleh visi dan misi pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Jadi, kami ingin menggali lebih dalam lagi ke Bapak Ganjar Pranowo untuk hadir dan menjawab kontrak politik dari generasi perintis," ujar Mujab.

Baca juga: Ganjar apresiasi anak muda bangun industri mainan dari desa

Sementara itu, pendiri lain Generasi Perintis, Patricia Atma Novera Hutapea, menyebutkan beberapa kegiatan telah dilakukan oleh komunitas tersebut, antara lain beasiswa, pelatihan, dan sesi diskusi.

"Dalam perjalanan, kami, Generasi Perintas, sejauh ini sudah menggalang sinergi dan semangat para generasi muda di total sudah 51 kota, juga sudah berpartner dengan sekitar 75 komunitas, dan sudah berdiskusi hingga 2.000 orang," kata Patricia​​​​​.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar akan beri ruang bagi anak muda untuk masuk ke pemerintahan

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Fransiska Ninditya
Sumber: ANTARA

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).