RRI

KPU Jakut Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

8 Januari 2024 13:35 WIB
KPU Jakut Temukan Ratusan Surat Suara Rusak
Surat suara yang telah disortir di KPU Jakarta Utara, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara menemukan ratusan surat suara Pemilu 2024 mengalami kerusakan. Komisioner KPU Jakarta Utara Divisi Teknis Ibnu Affan mengatakan, kerusakan itu didapati dari hasil pernyortiran surat suara pemilu.

Penyortiran dilakukan di dua gudang KPU Jakarta Utara, yakni di Tanjung Priok dan di Cilincing. Hingga 5 Januari 2024 (39 hari menjelang pemilu), pihaknya menemukan lebih dari 500 lembar surat suara rusak.

“Total 529 surat suara rusak. Itu tercatat di gudang KPU Jakarta Utara di Tanjung Priok 359 lembar surat suara dan di Semper (Cilincing) sebanyak 170 surat suara,” kata Ibnu, saat dikonfirmasi, Senin (8/1/2024). 

Ibnu menjelaskan, sejak 29 Desember 2023 hingga 5 Januari kemarin pihaknya sudah menerima ribuan boks surat saura. Dengan rincian 1.304 boks surat suara diterima di gudang Tanjung Priok dan 255 boks di gudang Cilincing. 

“Untuk hasil penyortiran sebanyak 651.752 surat suara dalam kondisi baik (di Tanjung Priok). Dan 249.963 surat suara juga dalam kondisi baik (di Semper),” ucap Ibnu. 

Hingga saat ini, jenis surat suara yang diterima di KPU Jakarta Utara masih merupakan surat suara Calon Legislatif DPRD DKI Jakarta. Ibnu mengungkapkan, target penyelesaian pelipatan surat suara akan selama 30 hari ke depan.

Termasuk penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Ibnu menyatakan, seluruh petugas yang dikerahkan dalam rangka sortir-lipat surat suara adalah mereka yang berpengalaman.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Tegar
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).