RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Capres, Prabowo: Fungsi Utama Negara Melindungi Warganya

Debat Capres, Prabowo: Fungsi Utama Negara Melindungi Warganya

7 Januari 2024 20:50 WIB
Debat Capres, Prabowo: Fungsi Utama Negara Melindungi Warganya
Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, saat menyampaikan pendapat dan adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, mengatakan fungsi negara yang utama adalah melindungi warganya. Hal itu berdasarkan pada pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945.

“Kita kembali kepada dasar kita, tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Tujuan utama nasional adalah melindungi segenap bangsa Indonesia,” kata Prabowo, pada debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024)

Dalam melindungi warga negaranya, lanjut Prabowo, konteks melindungi berarti memperkuat sektor pertahanan Indonesia. Dalam hal itu, Prabowo menyatakan telah mempersiapkan berbagai langkah jika nantinya terpilih menjadi Presiden

Dalam bidang geopolitik dan hubungan internasional, pasangan Prabowo dan Gibran memiliki visi misi pencegahan aksi terorisme. Serta, mengembangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Selain itu, Prabowo-Gibran berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Kemudian, melibatkan potensi diaspora Indonesia di luar negeri.

Diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar oleh KPU diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Adapun tema yang diangkat yaitu, Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri (Polugri).


Pewarta: Lukman Tara
Editor: Bara
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).